Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembaharuan Cara Artikel Dan Web Muncul Di Peringkat Google Penelusuran

Pembaharuan Cara Artikel Dan Web Muncul Di Peringkat Google Penelusuran
Pembaharuan Cara Artikel Dan Web Muncul Di Peringkat Google Penelusuran

Fighaz Mc, Google Search Console - Agar artikel dan web muncul di peringkat google penelusuran ada beberapa faktor atau tolak ukur dari sistem google penelusuran untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan bagi pencari informasi.

Mesin pencarian google akan memunculkan hasil yang menerut sistem google adalah hasil yang paling baik dan pas. Hal ini pernah saya bahas pada beberapa artikel saya sebelumnya. Saya selalu menjelaskan tentang apa itu blog, bagaimana cara membuat blog, dan faktor yang membuat blog muncul di pencarian google teratas.

Untuk sistem google menampilkan Artikel atau Web di peringkat google penelusuran teratas, kita harus memahami terlebih dahulu tentang google itu sendiri. Google adalah web mensin pencarian online. Google menampung semua informasi yang diberikan dari setiap pemberi informasi (Kreator).

Kalian bisa mengerti yang saya tuliskan diatas?. Jika kita sebagai pembuat konten, maka kita harus ingat beberapa hal dasar ini:

  1. Apa yang ingin kita tulis,
  2. Untuk siapa artikel yang kita tulis ini,
  3. Bagaimana cara menulis atau menyampaikan isi dari maksud tulisan kalian.

Seingat Saya, beberapa point diatas adalah materi yang diajarkan waktu saya masih di bangku Sekolaha Dasar bahkan saat masuk Sekolah Menengah Pertama hal ini juga diajarkan kembali, lebih tepatnya tentang "Prinsip Ekonomi".

Beberapa hal dasar diatas adalah inti misi dari kehadiran google yang bisa dimanfaatkan menjadi penyedia dan mengatur ketersediaan informasi di seluruh dunia dan dapat diakses secara umum.

Dalam menampilkan artikel atau web di hasil pencarian google penelusuran yang relevan, sistem google selalu diperbaharui. Berikut ini saya sudah merangkum beberapa sistem yang diperbaharui google dalam menampilkan artikel atau web di peringkat pencarian google penelusuran teratas.

Apa itu Peringkat Google Penelusuran

Pembaharuan Cara Artikel Dan Web Muncul Di Peringkat Google Penelusuran
Contoh hasil penelusuran. di tampilkan sesuai urutan yang paling relevan di setiap halaman untuk pencari. Sumber: Tangkapan Layar handphone @fighazmc

Peringkat Google Penelusuran merupakan sebuah hasil pencarian yang ditampilkan kepada pencari informasi, diurutkan berdasarkan penilaian sistem google yang dinilai paling relevan dan memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi pencari informasi.


Pembaharuan Cara Artikel Dan Web Muncul Di Peringkat Google Penelusuran
Contoh Peringkat Tampilan Dalam Halaman. Sumber: Tangkapan Layar handphone @fighazmc

Contohnya, ketika pencari informasi mencari informasi di mesin mencarian google dengan kata "Cara agar artikel dan web muncul di peringkat google penelusuran", maka halaman pencarian google akan menampilkan informasi yang paling relevan di peringkat google penelusuran.

Pembaharuan Sistem Peringkat Google Penelusuran

Peringkat google penelusuran ditentukan berdasarkan sistem google penelusuran yang dinilai paling relevan dan mempunyai nilai manfaat bagi pencari informasi, jika Anda seorang penyedia informasi untuk google dan ingin web atau artikel anda muncul di paling atas penelusuran google, maka Anda harus menerapkan pembaharuan sistem peringkat google penelusuran ini di artikel atau web Anda, seperti:

BERT

Bert adalah penggunaan kata atau ejaan dalam menulis sebuah artikel. Gunakan kata yang mudah atau sering digunakan secara umum. Saat kita menulis artikel sebaiknya gunakan kalimat atau kata-kata yang mudah dimengerti atau dipahami.

Kita harus ingat, google adalah "mesin" pencari. Mesin tidaklah sempurna seperti kita manusia, jadi gunakan bahasa atau penulisan bahasa yang baik dan benar. Setiap kata atau kalimat memiliki arti yang berbeda yah.

Crisis information systems

Crisis information systems atau sistem informasi krisis adalah sebuah metode yang digunakan google untuk menampilkan informasi yang tepat dalam waktu tertentu. Ini artinya, google fokus pada pemberi informasi yang memberikan informasi terupdate atau terbaru dari perkembangan suatau kejadian baik umum ataupun khusus, contoh:

Umum: Berita bencana alam, dll.
Khusus: Seperti fokus pada satu individu.

Ingatyah, untuk informasi krisis (Umum dan Khusus) ini juga tergolong menjadi dua bagaian yakni:

  1. krisis pribadi: Ini artinya google hanya akan manmpilakan hasil penelusuran yang benar-benar dari sumber terpercaya dalam menyampaikan atau menerangkan suatu topik yang dicari.
  2. Peringatan SOS: Ini artinya google hanya akan menampilkan hasil penelusuran yang benar-benar memberikan layanan yang terpercaya. Ini biasanya berfokus pada penelusuran yang berkaitan dengan layanan ditempat, alamat dan nomor terpercaya yang bisa dihubungi.

Saya harap kalian paham yah.

Jika membuat artikel tentang berita, saya sarankan kalian menulisnya atau menyampaikan dengan benar atau sesui fakta. Kalian juga harus melengkapi beberapa halaman penting yang harus ada didalam web berita yang ingin kalain bangun.

Jika kalian menulis artikel tentang layanan atau jasa, saya harapkan kalian menulisnya dengan benar dan informasi yang kalain sampaikan harus lengkap seperti beberapa informasi penting yang harus ada yakni:

  • Alamat
  • Kontak

Ini juga harus dilengkapi dengan profile google bisnis. Karena google memiliki sistem atau prosedur yang menilai apakah layak untuk ditampilkan di peringkat google penelusuran.

Deduplication systems

Deduplication systems atau Sistem deduplikasi adalah sebuah sistem google yang bertugas untuk menyaring artikel-artikel yang dianggap duplikat atau sama dengan artikel lainnya yang pernah dibuat atau di tampilkan di hasil google penelusuran.

Saat kita menulis artikel atau konten, sebaiknya jangan mengambil konten milik orang lain. Yah ini karena google memiliki sistem yang bisa mendeteksi artikel yang kalain buat itu mirip atau sama dengan artikel yang sudah pernah dibuat atau ditampilkan di mesin pencarian google.

Google akan melihat dan menilai, artikel mana yang lebih baik untuk ditampilakan di hasil penelusuran yang relevan untuk pencari informasi. Hal ini seperti kelengkapan materi atau pembahasan, unik. Karena setiap artikel atau web yang muncul di peringkat google penelusuran adalah artikel-artikel yang dianggap baik dan sudah merangkum semua artikel yang ada di google.

Exact match domain system

Exact match domain system atau Sistem domain pencocokan tepat adalah subuah sistem yang menampilkan hasil penelusuran berdasarkan kecocokan dari nama web yang kalian miliki.

Contohnya, nama blog saya fighazmc.com, maka ketika orang mencari kata yang didalamnya ada kaliamat atau kata "MC", maka google akan merekomendasikan web atau blog saya ini untuk tampil di peringkat google penelusuran.

Namun hal diatas akan berlaku jika saya menulis artikel tentang "Cara menjadi Mc". Namun karena nama saya fighazmc adalah identitas saya dari awal saya masuk Dunia "Maya" (Lebih tepatnya dunia Musik) saya selalu menggunakan kalimat atau Kata "MC" diakhir nama saya. Yah ini adalah salah satu cara untuk lebih mudah diingat oleh semua orang.

Ini bisa dibuktikan dengan mengetik nama saya fighaz mc di google, maka google akan menampilkan hasil penelusuran yang relevan untuk kalian. Jadi jika kalian ingin membuat blog tentang makanan atau apapun itu, saran saya kalian tulis juga kata kunci atau kata inti dari blog kalian.

Contoh, saya akan membuat blog yang membahas atau memberikan informasi seputar berita. Maka saya akan membuat nama blog saya seperti ini:


  • fighazmc-news

Jadi ada kata "Nesw" atau bisa juga gunakan bahasa indonesia biar kebih power full. Namun Ingatyah artikel yang kalian buat haruslas tentang berita atau cara kalian menulis harus bergaya berita. Nah untuk domainnya terserah kalian ingin gunakan .com,net dll.

Freshness systems

Freshness systems atau Sistem kesegaran adalah sebuah sistem google yang akan melihat "Kueri" atau kata kunci yang ada didalam blog kalian yang berpotensi untuk tampil di peringkat google penelusuran. "Kueri" ini akan muncul saat ada artikel kalian yang dinilai bagus dan mempunyai manfaat Serta dianggap relevan bagi pencari informasi.

Kueri ini kalian bisa lihat didalam Google Search Console. Ketika kakian membuat sebuah artikel baru dengan kata kunci yang sama namun berbeda topik pembahasannya, saya sarankan kalian sertakan juga artikel lama didalam dengan kata kunci atau kategori yang sama.

Contohnya kata kunci atau kategori "Google search Console". Pada artikel ini saya membahas tentang "Pembaharuan Cara Artikel Dan Web Muncul Di Peringkat Google Penelusuran", nah dengan kategori atau kata kunci yang sama juga saya akan menarankan kalian untuk membaca artikel lama atau yang pernah saya buat dalam satu kata kunci atau kategori yang sama seperti "Manfaat Google Search Console Bagi Seorang Webmaster".

Dengan demikian peluang untuk artikel kita akan tampil di peringkat google penelusuran karena setiap artikel baru didalamnya ada link perujuk untuk artikel lainnya yang satu kategori atau kata kunci. Hal ini akan menciptakan kesan bahwa kita selalu mengapdet setiap artikel yang kita buat dan merekomendakan artikel yang memiliki nilai manfaat berdasarkan "kueri" yang diberikan google.

Helpful content system

Helpful content system atau Sistem konten yang membantu adalah sistem google yang akan menampilkan hasil peringkat google penelusuran untuk artikel atau web yang memiliki nilai relevan serta menfaat yang baik bagi seorang pencari informasi.

Seperti yanh saya jelaskan diatas tentang Freshness systems ini. Jika semakin banyak artikel atau kata kunci untuj satu "kueri", maka google akan merekomendasikan artikel atau web kita untuk tampil di peringkat google penelusuran.

Link analysis systems and PageRank

Link analysis systems and PageRank atau Sistem analisis tautan dan PageRank adalah suatu sistem google yang melihat dan menganalisis sebuah artikel atau web saling terhubung satu sama lain. Nah untuk faktor ini, kalo lebih mudahnya saya sebut dengan istilah umum yakni "Backlink".

PageRank ini adalah tolak ukur atau peringkat dari sebuah blog atau web. Semakin banyak backlink yang dimiliki blog kalian, maka semakin bagus juga artikel atau web kalian dimata peringkat google penelusuran.

Banyak cara untuk mendapatkan backlink, namun jangan asal dalam penerapan backlink untuk artikel atau web. Nah untuk kalian yang ingin mendapatkan backlink gratis dan aman, kalian bisa cek di salah satu Blog blogger indonesia yakni INDRAK.EU.ORG. Beliau, yang menurut saya pribadi adalah salah satu pakar SEO di Indonesia.

Tidak perlu mengeluarkan biaya. Setiap materi yang dibagikan atau yang kalian pelajari dibagikan secara GRATIS. Yups kalian bisa cek juga di Youtube-nya bang Indra, Nama Youtube-Nya BLOG TIPS. Dijamin, banyak materi-materi yang berharaga yang akan kalian dapatkan.

Local news systems

Local news systems atau Sistem berita lokal adalah sebuah sistem google yang berfungsi untuk menganalisis, mengidentifikasi dan menampilkan hasil pencarian yang relevan bagi pencari informasi.

Nah untuk sistem Google yang satu ini, bisa kita sebut seperti alat google yakni Google News. Khusus untuk web atau blog berita, google memiliki sistem sendiri untuk mengidentifikasi dan nampilkan artikel atau web sesuai dengan pengguna google penelusuran.

Jika mengelola blog berita, sebaiknya pelajari cara bagaimana artikel atau web berita yang anda kelola bisa muncul atau direkomendasikan untuk pembaca. Karena sistem ini akan menampilkan web atau artikel anda pasa hasil penelusuran beberapa daerah atau tempat.

MUM

MUM atau Bungkam adalah suatau sistem google yang berfungsi sebagai pengamat bahasa. Yah sama seperti fungsi Bert diatas. Namun perbedaannya ialah MUM akan melihat dan membandingkan serta menyaring setiap artikel. Mulai dari segi penulisan atau gaya penulisan sebuah artikel.

Yah mirip seperti Deduplication systems, namun MUM lebih fokus pada artikel-artikel keras, umum, yang berbau sara dll (Pahamkan yang blog, atau web-web yang agak yah...yah...). Nah sistem ini yang akan bertugas membungkam itu semua dari peringkat penelusuran google.

Namun fungsi sebenarnya ialah lebih fokus pada artikel atau web yang memberikan informasi layanan publik seperti rumah sakit, dll. Sistem ini akan menganalisa, apakah setiap gambar, informasi keterangan yang ada benar dan layak untuk di tampilkan untum pencari informasi.

Neural matching

Neural matching atau pencocokan saraf adalah sistem google yang bertugas untuk melihat kata kunci atau kueri yang ada di dalam artikel atau web. Sama seperti Freshness systems. Namun bedanya adalah sistem Neural matching akan melihat apakah setiap artikel yang anda buat terdapat kueri yang sudah dianalisis oleh Freshness systems atau tidak.

Contoh web kalian mendapatkan kueri "memasak", nah kalian harus buat aetikelnya tentang memasak. Kalian jangan buat artikel tentang "berenang", karena sistem tidak akan merekomendasikan artikel berenang yang kalian buat, untuk muncul di peringkat google penelusuran. 

Original content systems

Original content systems atau Sistem konten asli adalah sebuah sistem google yang akan menerima atau bertugas untuk menganalisis akan keaslian sebuah konten. Ini biasanya lebih berfokus pada web atau situs berita.

Memang benar faktor untuk muncul di peringkat google penelusuran adalah artikel yang terbaru. Namun harus diketahui bahwa setiap artikel terbaru belum tentu asli atau bersumber dari narasumber terpercaya.

Maka dari itu, setiap penerbitan artikel berita, dianjurkan untuk menulis atau melampirkan nama jurnalis atau reporter yang meliput sebuah berita.

Kesimpulan

Pembaharuan cara artikel dan web muncul di peringkat google penelusuran sangat penting untuk diketahui bagi kita yang menjadi kontribusi bagi google untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pencari informasi diseluruh dunia.

Sekian untuk kali ini, Semoga bisa bermanfaat.

Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Pembaharuan Cara Artikel Dan Web Muncul Di Peringkat Google Penelusuran"