Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google AdSense VS Google Ad Exchange, Mana Yang Terbaik Untuk Monetisasi Website?

Google AdSense VS Google Ad Exchange,
Google AdSense VS Google Ad Exchange, Mana Yang Terbaik Untuk Monetisasi Website?

Fighaz Mc, Blogger - Google AdSense dan Google Ad Exchange adalah dua teknologi periklanan paling populer di internet. Kali ini, Saya akan menguraikan perbedaan antara keduanya dan mencari tahu solusi mana yang terbaik untuk memonetisasi situs web Anda.

Sebagian blogger mungkin sudah tau tentang google Adx ini, namun tidak sedekit juga blogger yang tidak tahu tentang google Adx ini. Yah secara garis besarnya, bisa saya bilang kedua layanan penyedia iklan di website, youtube dll ini sama saja.

Namun jika kita lihat lebih dalam, seperti menyelam ke dalam palung mariana****(Bercanda...). Pada intinya mereka ini sama tapi berbeda. Bingung? simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

Apa Itu Google AdX?

Google AdX atau Google Ad Exchange adalah bursa iklan yang memfasilitasi pembelian dan penjualan ruang iklan online. Cara kerjanya sangat mirip dengan bursa saham, tempat ruang iklan diperdagangkan secara terbuka oleh banyak pembeli dan penjual.

Publisher Google AdX

Bagi penayang (Publisher) atau pemilik situs web, Google AdX adalah pasar tempat mereka dapat menjual ruang iklan ke berbagai pengiklan secara waktu nyata. Penayang tetap mengontrol iklan mana yang ditampilkan di situs web mereka dan dapat melihat laporan tentang siapa yang membeli inventaris mereka dan berapa banyak mereka membayarnya.

Advertiser Google AdX 

Bagi pengiklan (Advertiser), Google AdX menyediakan cara untuk membeli ruang iklan dari penayang. Karena banyak penayang premium menggunakan platform ini, AdX adalah cara mudah untuk menskalakan kampanye atau menargetkan demografi pengguna tertentu.

Secara keseluruhan, Google Ad Exchange adalah pasar premium yang memungkinkan penayang dan pengiklan untuk membeli dan menjual ruang iklan dengan lebih efisien.

Meskipun demikian, Google AdX memiliki persyaratan yang sangat ketat terkait siapa yang dapat memperoleh akses ke platform tersebut, yang dapat mempersulit situs web yang lebih kecil untuk bergabung dengan pasar.

Kabar baiknya adalah, meskipun Anda tidak memenuhi persyaratan minimum Google, Anda dapat menggunakan Google AdX dengan bantuan partner saluran resmi. Namun, Saya akan membahas lebih lanjut tentang cara mendapatkan akses ke Google AdX pada artikel ini

Apa Itu Google AdSense?

Google AdSense adalah platform yang mudah digunakan yang memungkinkan pemilik situs web untuk memonetisasi konten mereka dengan menayangkan iklan kepada pengunjungnya.

Pemilik situs web hanya perlu memasang sedikit kode di situs dan memilih ruang tempat iklan ingin ditampilkan. Google kemudian memonetisasi lalu lintas situs web dengan menampilkan iklan di ruang tersebut.

Cara mendapatkan Google AdSense

Untuk menggunakan AdSense, penayang hanya perlu memiliki konten yang cocok untuk keluarga, tidak ada lalu lintas yang tidak valid, dan tidak ada keluhan hak cipta. Hasilnya, AdSense adalah salah satu platform iklan digital yang paling banyak digunakan.

Apa Perbedaan Google AdSense dan Google Ad Exchange (Adx)?

Sekarang, mari kita lihat perbedaan utama antara AdX dan AdSense untuk membantu Anda memutuskan solusi mana yang terbaik untuk memonetisasi situs web Anda.

Sumber Traffic

Pertama, penting untuk mengidentifikasi dari mana mayoritas traffic situs Anda berasal. Bergantung pada apakah lalu lintas Anda terutama berasal dari Geos tingkat 1 atau Geos tingkat 3, AdX dan AdSense dapat mengungguli satu sama lain secara drastis.

AdX memberikan lebih banyak pendapatan iklan jika disiapkan dengan benar untuk Geos tingkat 1. Dengan penyiapan lantai dinamis yang dioptimalkan, Bidding Terbuka Google, dan transaksi pilihan, penayang dapat mengharapkan pendapatan iklan mereka meningkat antara 10% - 30% saat beralih dari AdSense ke AdX.

Ini karena banyak merek premium dengan anggaran besar menjalankan kampanye hanya melalui AdX. Hal ini tidak hanya menghasilkan lebih banyak pendapatan iklan, tetapi juga kualitas iklan yang lebih baik secara umum.

AdSense adalah yang terbaik untuk Geos tingkat 3, dan hampir selalu mengungguli AdX di geos tersebut. Ini karena AdSense memiliki permintaan yang sangat kuat dari bisnis lokal kecil di wilayah ini.

Persyaratan Monetisasi

Selanjutnya, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kedua platform tersebut memiliki persyaratan masuk yang sangat berbeda. Jadi mari kita lihat ini. Dengan AdX, penayang harus memiliki setidaknya 5 juta tampilan halaman per bulan sebelum mereka bahkan dapat mengajukan permohonan untuk akses langsung ke platform.

Namun demikian, Anda dapat mengakses AdX melalui Mitra saluran meskipun Anda tidak memenuhi persyaratan minimal 5 juta tampilan halaman per bulan.

Sebaliknya, AdSense sangat mudah digunakan untuk penayang non-teknis. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari AdX, Anda memerlukan  pakar operasi iklan, pengembang teknologi iklan, dan, jika Anda tidak memenuhi persyaratan minimum , juga partner AdX.

Kesimpulan

Mana Yang Lebih Baik Untuk Website Kita?. Jika situs web Anda mendapatkan lebih dari setengah juta tampilan halaman dan memiliki sekitar 10% traffic tingkat satu, Google AdX dapat memberikan lebih banyak pendapatan iklan dan kualitas iklan yang lebih baik daripada AdSense.

Di sisi lain, jika situs web Anda memiliki tingkat lalu lintas yang lebih rendah dan kurang dari 5% lalu lintas tingkat satu, AdSense kemungkinan besar paling cocok untuk situs Anda.

Google AdSense dan Google Ad Exchange adalah dua teknologi periklanan paling populer di internet. Platform iklan mana yang saat ini Anda gunakan? yuk komentar di bawah.


Semoga bisa bermanfaat dan selamat Merenung!

Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

2 comments for "Google AdSense VS Google Ad Exchange, Mana Yang Terbaik Untuk Monetisasi Website?"

  1. Ezoic bisa jadi opsi pilihan untuk platform partner ads exchange

    ReplyDelete