Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Yang Membuat Blog Muncul Di Pencarian Google Teratas

Faktor Yang Membuat Blog Muncul Di Pencarian Google Teratas
Faktor Yang Membuat Blog Muncul Di Pencarian Google Teratas

Fighaz Mc, Blogger - Banyak sekali blogger yang bertanya, kenapa blog tidak muncul di google atau muncul di pencarian google dan mulai mencari cara agar blog muncul di google. Oke, jadi artikel kali ini, yang kalian baca saat ini, adalah Artikel yang akan membahas tentang masalah atau pertanyaan yang saya tuliskan di atas.


Jadi begini agar muncul di pencarian google, dalam menulis artikel, kita tidak semata-mata menulis, yah memang kalo kita lihat sepintas, cuma tulisan, tetapi jika kalian mencari jawaban untuk pertanyaan di atas, maka simak beberapa faktor berikut yang mempengaruhi artikel atau blog yang kita miliki bisa muncul di pencarian google teratas.

Faktor Blog Atau Website Muncul di Pencarian Google Teratas

Ada beberapa faktor atau cara kerja suatu web browser untuk menampilkan blog atau artikel yang kita tulis.

Untuk blogger sendiri, google sangatlah mendukung akan suatu informasi atau artikel yang bermanfaat bagi banyak orang.

Jika kalian menulis artikel atau membuat blog menggunakan platform Blogger tentunya berpeluang besar untuk blog atau artikel yang kalian miliki untuk bisa muncul di pencarian google teratas.

Keamanan Dan Aksesibilitas

Suatu blog atau website akan mudah muncul di pencarian google teratas, jika diberikan akses dan menjamin keamanan yang baik.

Ada 3 point' penting menurut saya pribadi agar google menampilkan blog atau artikel kita miliki di peringkat pencarian teratas, yakni;
  • Struktur pengkodean halaman web atau blog yang baik
  • Memiliki halaman peta situs atau daftar isi
  • Memiliki setingan atau script robots.txt di dalam web atau blog. Untuk Blogger bisa disetting pada bagian setingan blogger

Kecepatan loading halaman

Suatu website atau blog haruslah memiliki kecepatan pemuatan yang cepat. Gunakan template atau tema yang ringan dan tidak terlalu banyak memiliki script css dan pengkodet Html yang banyak atau sulit di akses.

Untuk mengecek template atau tema yang digunakan sudah memiliki kecepatan loading dan ramah browser, bisa mengunjungi halaman tes pagespeed web dev yang sudah disediakan oleh google di https://pagespeed.web.dev

Mendukung Browser Seluler

Sebuh blog atau website harus Suport untuk dikunjungi melalui smartphone. Hal ini agar dapat meningkatkan nilai positif dari pengunjung atau pembaca yang mengakses blog atau website kamu.

Untuk mengetahui apakah halaman blog atau website sudah suport untuk di akses melalui browser smartphone, kalian bisa mengunjungi halaman test mobile friendly di https://search.google.com/test/mobile-friendly


Backlink

Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain. Cara mendapatkan Backlink?, Gampang, kalian komen di setiap kolom komentar blogger yang kalian kunjungi.

Nah untuk komentar, saya sarankan untuk menulis komentar yang positif, kenapa? Biasanya ada beberapa blogger yang mengatur setingan komentar agar tidak langsung di tampilkan pada kolom komentar.

Jika kalian yang baru dalam dunia blogging, kalian harus tahu hal ini, manfaat dari komentar yang ada disetiap kolom komentar adalah sebuah backlink gratis, yang sangat amat penting untuk membantu blog atau website kalian untuk di lihat orang.


Silahkan bagi teman-teman yang ingin berkomentar, tempat sudah disediakan, silahkan (yang sopan, biar orang yang melihat komentar kalian penasaran dan mengklik untuk mengunjungi blog atau website kalian).

Masih banyak lagi cara mendapatkan Backlink, tapi pada kesempatan kali ini cuman itu saja yang dapat saya infokan. Oiya sedikit tambahan mengenai backlink.

Jika artikel kalian bagus, original dan belum pernah ada di google serta unik, maka berpeluang besar mendapatkan backlink dari google sendiri loh (kalo pengalaman saya sendiri belum pernah, tetapi ada beberapa website besar yang mendapatkan backlink gratis dari Google)

Konten Berkualitas

Yaps, seperti yang saya tulis di atas, konten yang berkualitas. Nah bagaimana sih konten yang berkualitas itu?. Oke saya berikan sedikit berdasarkan pemahaman saya yah. Konten Berkualitas ini meliputi beberapa hal seperti;
  • Penulisan artikel yang panjang. (Minimal 500 kata dalam setiap artikel)
  • Penulisan artikel yang terstruktur.(Ingat pelajaran Bahasa Indonesia waktu SD, tentang cara menulis surat? Kepala atau cop, Isi dan penutup. Sama juga juga halnya menulis artikel di blog)
  • Fokus pada isi konten.
  • Buatlah tulisan yang baik, gunakan kata-kata yang membuat pembaca merasa nyaman dan senang dengan tulisan kalian.

Ingat, beberapa point' mengenai pertanyaan konten berkualitas yang saya tuliskan di atas adalah contoh dasar dan menurut saya pribadi, jika menulis usahakan gunakan juga prinsip Ekonomi (nah loh, kok larinya ke Ekonomi?.

Jadi gini, jika ingin muncul di pencarian google teratas maka, tulislah artikel sesuai prinsip Ekonomi,

  1. Apa yang Mau ditulis,
  2. Untuk siapa artikel ini ditulis,
  3. Bagaimana cara menulis atau menyampaikan isi dari maksud tulisan kalian,
  4. Kapan atau waktu menulis artikel yang baik (untuk ponit ke empat ini, saya sarankan untuk konsisten.

Jadi ibarat sebuah acara di televisi, jam tayang atau mulai nya sebuah acara, coba perhatikan, jamnya selalu sama kan?, Jika ingin muncul di pencarian google teratas, maka usahakan bagi blog baru, usahakan 1 Minggu minimal 3 artikel dan waktu upload-nya di jam yang sama.)

Oiya untuk prinsip Ekonomi diatas, tidak seperti yang saya tuliskan diatas yah, ini hanyalah contoh yang saya terapkan pada setiap blog baru saya dengan mengikuti prinsip Ekonomi, yang saya implementasi ke dalam gaya menulis artikel di blog.

SEO Teknik

Teknik SEO atau biasa di bilangan juga SEO tekni dalam penulisan. Jadi gampangnya gini, kalau kalian baca dari atas sampai pada baris paragraf ini, harus menggunakan Tag Header.

Coba kalian lihat buku pelajaran apa saja pada bagian daftar isi-Nya, kalian akan melihat susunan atau daftar materi bukan?, Nah banyak sekali blogger yang tidak tahu, lebih tepatnya melupakan hal sepele seperti ini.

Oke jadi untuk memudahkan kalian, karena saya tahu yang kalian ingin tahu adalah teknik atau cara menuliskan artikel SEO ya kan? Saya juga dulu waktu masih awal ngeblog, juga seperti kalian. Jadi simak dibawah ini.
  • Harus ada kata kunci pada judul Artikel
Contoh, saya menulis artikel tentang Bagaimana Blog Atau Artikel Bisa Muncul Di pencarian google teratas. Maka saya akan membuat judul yang di dalamnya terdapat kata kunci "Pencarian Google Teratas" di tambah kata atau bantuan untuk memperkuat judul seperti "Cara, Bagaimana, Apa".

Saat menulis artikel, jadi lah seolah-olah Anda seorang yang sedang dan ingin mencari sesuatu, maka berpikir lah, kata apa yang akan di tulis pertama, (Judul yang menarik, akan menimbulkan rasa ingin tahu)
  • Gunakan sistem Tag Header
Jadi bagaimana? Masih bingung?. Seperti yang saya tuliskan diatas, coba kalian perhatikan daftar isi dari sebuah buku pelajaran. Nah kalo praktek-Nya kurang lebih seperti tools daftar isi yang ada di atas artikel ini.

Nah jika kalian bertanya, "Cara Membuat Daftar Isi Didalam Artikel seperti diatas Bagaimana?" saya akan menjawab, ini adalah setingan yang saya tambahkan sendiri, yang sudah ada di dalam tema atau template yang saya gunakan, saya hanya menggunakan kode atau script panggilan saja.

Jika di tema atau template yang kalian gunakan tidak ada atau kalian ingin juga menampilkan daftar isi otomatis di dalam postingan, kalian bisa melihat artikel saya tentang "Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Blogger?"

Untuk di blogger, perhatikan toolbar diatas slide tulisan, seperti gambar dibawah ini;


Contoh;

Judul Utama: Fakto Yang Membuat Blog Muncul Di Pencarian Google Teratas

Judul : Faktor Peringkat Google Search Teratas.

Subjudul : Keamanan, Kecepatan, Mobile friendly, Backlink, Konten, SEO, Pengalaman atau Kepuasan Pengunjung, Domain

Subjudul : point' pembahasan yang ada disetiap "Judul"
Judul Kecil : point'pembahasan yang ada di dalam pembahasan "Subjudul"

Paragraf : setelah selesai menulis, Pilih semua tulisan, kemudian pilih paragraf (Biar rapih, itu kata guru bahasa Indonesia + dosen pembimbing saya dulu dan memang seperti itu, jika kita menulis, nah jika teman-teman ingat pelajaran bahasa Indonesia, pasti paham)

Normal : nah kalau ini, terserah dari kalian sendiri, tetapi biasanya, saat awal tulisan, blog secara otomatis akan membuat tulisan kita menjadi tulisan dalam bentuk paragraf, kita tinggal enter untuk membuat paragraf baru.

Pengalaman Atau Kepuasan Pengunjung

Untuk point'penting berikut ini, kalian harus menulis artikel yang menggunakan kata-kata yang Menarik, konten yang bermanfaat, dan melakukan interaksi yang baik terhadap pengunjung blog atau website kalian.

Jika blog atau website kalian penyedia jasa atau layanan, jika ada pertanyaan, atau konsumen yang melakukan interaksi dengan kalian, maka sambut lah dia dengan ramah.

Jika kalian menyambut atau materi konten kalian bermanfaat dan baik, maka akan muncul nilai positif terhadap blog atau website kalian.

Dan jika tulisan atau konten kalian terstruktur dengan baik, dari segi pembahasan, orang akan membaca dan melihat blog atau website dan artikel kalian secara keseluruhan.

Semakin lama orang membuka dan membaca di blog ataupun website kalian, maka google akan menilai, bahwa blog atau website dan artikel kalian baik.

Domain

Yaps, hal penting yang satu ini memang memiliki nilai atau pengaruh terhadap blog atau website kalian.

Domain adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Nama unik ini muncul setelah tanda @ di alamat email, dan setelah www. di alamat web.

Jadi tentukan Doamin kalian berdasarkan web atau blog yang ingin kalian Bangunan.

Kalian bisa mencari di google search, dengan kata kunci nama dan jenis Doamin untuk sebuah blog atau website.

Google Search Console

Untuk Anda (webmaster) yang sedang mengembangkan subuah blog atau website, penting untuk mengetahui apa itu google search console guna meningkatkan perkembangan blog atau website yang kalian kelola.

Google Search Console ini adalah layanan gratis yang diberikan oleh google. Google webmaster tools ini bertujuan untuk para webmaster bisa mengembangkan blog atau website yang dikelola menjadi lebih baik didalam pencarian google.

Jika ingin blog anda muncuk di pencarian google teratas, maka daftarkan blog anda ke Google Search Console. Dengan mendaftarkan blog ke Google Search Console, blog yang kalian kelola akan lebihbaik kehadirannya di pencarian google.

Kesimpulan

Ada beberapa faktor yang membuat Blog atau Website dan Artikel muncul di Pencarian Google Teratas yakni;
  1. Keamanan Dan Aksesibilitas
  2. Kecepatan loading Halaman
  3. Mobile Friendly
  4. Backlink
  5. Kualitas Konten
  6. SEO
  7. Pengalaman Atau Kepuasan Pengunjung
  8. Domain
  9. Google Search Console
Menulis artikel dengan konten yang dipahami, lebih mudah untuk dikembangkan, menulis artikel dengan membangun sebuah blog ataupun website, sebaiknya diawali dengan sebuah dasar yang dimana akan menentukan jenis blog atau website yang kalian bangun di mata pencarian google.

Mohon maaf jika ada salah kata, masukkan dan saran sangat dibutuhkan guna membangun blog ini menjadi lebih baik.

Semoga bisa bermanfaat,
Selamat mencoba!!.
Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

2 comments for "Faktor Yang Membuat Blog Muncul Di Pencarian Google Teratas"