Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.6 Dan 1.5 Berkedip?

Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.6 Dan 1.5 Berkedip
Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.6 Dan 1.5 Berkedip

Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.6 Dan 1.5 Berkedip

Median Ui, Fighaz Mc - Membuat table of content di template median ui 1.6 dan 1.5 berkedip. Table of content akan sangat membantu pembaca yang berkunjung ke blog atau website yang kita kelola untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat dan mudah.

Oleh karena itu, seorang penulis harus tahu bagaimana cara membuat table of content yang baik dan efektif. Khusus pengguna tempalte median ui, baik itu versi 1.6 atau versi 1.5 tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat table of countent ini, karena fitur ini sudah terinstal otomatis didalam template, kita hanya perlu mengakttifkannya dengan membuat "Judul Utama, Judul, Sub judul, Sub judul kecil dan paragraph di dalam setiap artikel yang dibuat.

Secara otomatis saat dipublikasikan, table of content akan muncul di dalam artikel atau muncul di samping artikel, ini juga tergantung bagaimana kita memilih gaya seperti apa saat di tampilkan. Namun untuk fitur standar table of content dari template median ui saat ditampilkan tentu sedikit membingungkan, kenapa? karena fitur ini tidak terbuka atau terlihat otomatis.

Tentu ini akan membuat pengunjung bingung dimana letak table of content ini (Ini saat tidak menggunakan tampilan table of content di dalam artikel atau setelan bawaan template). Maka dari itu dalam artikel ini, kita akan memodifikasi beberapa css dan tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat table of content di dalam blog Anda.


Apa Itu Table Of Countent?

Table of content adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melompat langsung ke bagian tertentu dalam sebuah tulisan. Ini sangat berguna ketika Anda memiliki post yang panjang dan mendetail. Selain itu, tampilan tabel isi juga dapat meningkatkan estetika blog Anda.

Apa Fungsi Table Of Countent?

Fungsi Table Of Content di dalam sebuah blog adalah untuk menyajikan daftar isi dari artikel yang ada di dalam blog tersebut. Dengan adanya Table Of Content, pembaca akan lebih mudah untuk menemukan informasi yang mereka cari. Selain itu, Table Of Content juga bisa berfungsi sebagai navigasi bagi pembaca untuk membaca artikel di dalam blog dengan lebih mudah.

Manfaat fitur table of contents Di Dalam Blog

Manfaat fitur table of contents di dalam blog adalah sebagai berikut:

  • Membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.
  • Meningkatkan tingkat engagement pengunjung dengan blog karena mereka dapat dengan mudah menemukan apa yang sedang mereka cari.
  • Dapat membantu Google untuk memahami isi blog dengan lebih baik sehingga membuat blog lebih mudah ditemukan oleh pengunjung melalui mesin pencarian.

Cara Membuat Table Of Content Di Dalam Blog

Cara Membuat Table Of Content Di Dalam Blog Table of content (TOC) sangat berguna untuk memudahkan pembaca menemukan informasi yang mereka cari dalam sebuah blog. TOC juga dapat menampilkan daftar isi secara terstruktur, sehingga membantu pembaca untuk menavigasi blog dengan lebih mudah.

Untuk membuat TOC di dalam blog, Anda dapat menggunakan salah satu plugin WordPress yang tersedia, seperti Ultimate TinyMCE. Plugin ini akan memberikan opsi untuk menambahkan TOC ke bagian atas postingan Anda. Lalau bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di blogger?, saya juga sudah pernah membuat tentang artikel tentang ini.


Rekomendasi Artikel:

Di dalam artikel yang saya maksud diatas, saya juga memberikan dua (2) opsi tampilan yang menarik yakni daftar isi otomatis terbuka dan tertutup. Saya harap kalian bisa membaca dan mencobanya.

Cara Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.6 Berkedip

Membuat table of content di template median ui 1.6 berkedip sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengubah beberapa css yang ada di dalam template bawaan median ui 1.6. Perhatikan Langakah-langakah dibawah ini.

Perlu untuk melakukan "Cadangkan" template yang sekarang ini kalian gunakan, agar jika dalam pemasangan css ini kalian salah atau ingin menggunakan kembali setingan awal template median ui 1.6, kalian bisa memasang ulang template yang sudah kalian cadangkan.
  • Pilih Tema di dalam dasbor blogger
  • Lalu pilih "Edit HTML"
  • Cari kode "/*]]>*/</style>" lihat gambar dibawah ini

Sebelum

  • Lalu tambah kan css berikut tepat diatas "/* --- End --- */"



.tocC:before{content:'';display:block;width:12px;height:12px;background-color:var(--linkC);border:2px solid var(--bodyB);border-radius:50%;position:absolute;top:5px;left:12px;animation:indicator 1s ease infinite;-webkit-animation:indicator 1s ease infinite;z-index:1}@-webkit-keyframes indicator{0%{opacity:0}50%{opacity:1}100%{opacity:0}}@keyframes indicator{0%{opacity:0}50%{opacity:1}100%{opacity:0}}




Sesudah


  • Lalu simpan.

Cara Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.5 Berkedip

Membuat table of content di template median ui 1.5 berkedip sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengubah beberapa css yang ada di dalam template bawaan median ui 1.5. Perhatikan Langakah-langakah dibawah ini.

Perlu untuk melakukan "Cadangkan" template yang sekarang ini kalian gunakan, agar jika dalam pemasangan css ini kalian salah atau ingin menggunakan kembali setingan awal template median ui 1.5, kalian bisa memasang ulang template yang sudah kalian cadangkan.

  • Pilih Tema di dalam dasbor blogger
  • Lalu pilih "Edit HTML"
  • Cari kode "]]></b:skin>" lihat gambar dibawah ini

Sebelum

  • Lalu tambahkan kode css berikut tepat diatas kode "]]></b:skin>"



.Blog .post-tocContainer .show:before{content:unset;display:block;position:absolute;width:10px;left:13px;border-radius:50px;top:7px;height:10px;background:#555;webkit-animation:indicator 1s ease infinite;-moz-animation:indicator 1s ease infinite;animation:indicator 1s ease infinite}
@-webkit-keyframes indicator{0%{opacity:0}50%{opacity:1}100%{opacity:0}}
@-moz-keyframes indicator{0%{opacity:0}50%{opacity:1}100%{opacity:0}}
@keyframes indicator{0%{opacity:0}50%{opacity:1}100%{opacity:0}}
.tableOfIcon:before {
content: '';
display: block;
width: 12px;
height: 12px;
background-color: var(--link-color);
border: 2px solid var(--content-bg);
border-radius: 50%;
position: absolute;
top: 8px;
left: 15px;
animation: indicator 1s ease infinite;
-webkit-animation: indicator 1s ease infinite;
}




Sesudah

  • Lalu simpan

Kesimpulan

Pada dasarnya, terdapat dua cara untuk membuat TOC di blog. Pertama, Anda dapat menggunakan fitur bawaan blogger yang telah tersedia secara default. Kedua, Anda juga dapat menggunakan plugin dan gadget TOC tertentu untuk blog Anda.

Namun, sayangnya fitur bawaan blogger tidaklah semulus plugin atau gadget TOC tertentu. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan plugin atau gadget TOC agar hasil akhir lebih rapi dan sesuai dengan keinginan Anda.

Sekian untuk Cara Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.6 Dan 1.5 Berkedip. Semoga bisa bermanfaat, terimaksih sudah mampir.

Selamat mencoba!

Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Bagaimana Cara Membuat Table Of Content Di Template Median Ui 1.6 Dan 1.5 Berkedip?"