Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Blogspot Ke Google Search Console

Cara Menghubungkan Blogspot Ke Google Search Console

Verifikasi Google Search Console

Fighaz Mc, Blogger - Hallo semuanya, artikel ini akan membahas tentang cara menghubungkan google search console ke blogspot atau sebaliknya.

Google webmaster atau google searah console dapat membantu meningkatkan tampilan blog di hasil pencarian google.

Sebelum menghubungkan Blogspot Ke google search console, Sebaik Kalian Baca dulu "Cara Membuat Halaman Sitemap Di Blogger" karena ada bagain penting yang saya bahas yakni "Cara Membuat Sitemap di Google Search Console Untuk Blogspot" saya harap kalian baca artikel yang saya sebutkan diatas agar pada langkah dibawah ini semuanya berhasil.

Cara pasang google search console atau google webmaster ke blogspot sangatlah mudah. Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas Manfaat Google Search Console Bagi Seorang Webmaster, jadi saya tidak perlu lagi menjelaskannya disini.




Untuk menghubungkan google search console ke blogspot atau sebaliknya, kalian harus terlebih dahulu membuat akun google search console.

Setelah membuat akun google search console kita lanjut dengan cara pasang google search console ke blogspot atau menghubungkan blogspot ke google search console. Berikut google search console tutorial menghubungkan bloggspot ke google search console.

Verifikasi Blogspot ke Google Search Console

Ini adalah tutorial menghubungkan blogspot ke google search console khusus pengguna sub-domain blogspot.com karena kita akan menghubungkan blog dengan awalan "URL".

Namun bisa juga digunakan untuk blog yang sudah memiliki nama domain sendiri. Berikut langkah-langakahnya:
  • Masuk ke akun google search console
  • Pilih garis tiga di pojok kanan atas, lalu pilih "+ Tambakn properti". Perhatikan gambar dibawah. Biasanya, jika baru membuat akun google search console maka tampilan halaman depan akan seperti gambar dibawah ini.


  • Pada bagain "Pilih jenis properti" kalian pilih "AWALAN URL"
Masukkan Alamat blog kalian dengan awalan URL.
Contoh: https://namablog.blogspot.com.




Jika kalian sudah mempunyai nama domain sendiri, kalian bisa juga menghubungkan blog dengan awalan URL.

Contoh: https://www.namablog.com atau bisa juga tanpa "www" seperti https://namablog.com

  • Setelah memasukkan URL blog kalian, pilih "LANJUTKAN", maka untuk blog yang masih  menggunakan sub-domain blogspot.com tampilannya akan seperti dibawah ini.

sub-domain blogspot.com
sub-domain blogspot.com

Secara otomatis juga blog kalian langsung terverikasi oleh google search console karena menggunakan sub-domain blogspot.com.


Untuk teman-teman yang sudah memiliki domain sendiri dan menghubungkan ke google search console dengan jenis properti "AWALAN URL", maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Cara Menghubungkan Blogspot Ke Google Search Console
domain TLD

Gambar diatas adalah contoh ketika berhasil melakukan verivikasi dengan beberapa metode. Yah saya menampilkan gambar yang sudah berhasil melakuan verifikasi dikarekan saya tidak memiliki domain sebagai contoh.

Selanjutnya verifikasi juga dengan metode verifikasi tambahan yakni "Tag HTML" dan "Analitis Google".

Verifikasi Google Search Console Blogspot dengan metode Tag HTML

Nah untuk cara verifikasi dengan metode "Tag HTML" bisa diikuti oleh blog sub-doamin blogspot.com atau yang sudah memiliki domain sendiri (Ini adalah cara verivikasi Tag HTML khusus yang menggunakan Blogger sebagai layanan penerbitan blog).

  • Buka metode verifikasi menggunakan "Tag HTML"
  • Lalu pilih "Salin"

Verifikasi Tag HTML
Verifikasi Tag HTML

  • Lalu masuk ke dasbor blogger, pilih garis tiga dipojok kanan atas
  • Lalu pilih "Tema"
  • Lalu pilih "🔻" disamping tombol "sesuikan"
  • Lalu pilih "Edit HTML"
  • Lalu cari tag "<head>" atau "</head>"
  • Paste atau tempelkan kode "Tag HTML" yang tadi disalin tepat dibawah tag "<head>" atau tepat diatas tag "</head>"

Contoh: saya terapkan diatas tag </head> (Opsional)

  • Lalu Simpan
Setelah simpan Kalian keembali lagi ke halaman verifikasi google search console lalu pilih "VERIVIKASI"

Verifikasi Google Search Console Blogspot dengan metode tambahan lain

Berikut ini ada beberapa metode verifikasi tambahan khusus yang menggunakan blogger sebagai layanan penerbitan blog dengan menggunakan sub-domain blogspot.com atau yang sudah memiliki domain sendiri, berikut referensinya:
  • Metode verivikasi tambahan menggunakan Analitis Google
  • Metode verivikasi tambahan menggunakan Penyedia nama domain (Khusus yang sudah memiliki domain sendiri)
Jika kalian sudah menghubungkan dua metode verifikasi tambahan diatas, maka kalian cukup pilih "Verifikasi" pada halaman verifikasi google search console dari kedua metode verifikasi tambahan diatas.

Kesimpulan

Google webmaster atau google searah console dapat membantu meningkatkan tampilan blog di hasil pencarian google. Cara pasang google search console atau google webmaster ke blogspot sangatlah mudah.
Metode verifikasi khusus yang menggunakan blogger sebagai layanan penerbitan blog:
  • sub-domain blogspot.com: Metode verifikasi tambahan Tag HTML, Metode verifikasi tambahan Analitis Google
  • domain sendiri (TLD): Metode verifikasi tambahan Tag HTML, Metode verifikasi tambahan Analitis Google, Metode verifikasi tambahan Penyedia nama domain
Sekian untuk cara menghubungkan blogspot ke google search console, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke teman-teman yang sedang mencari cara untuk verifikasi blog ke google search console.

Terimakih sudah mampir.
Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Cara Menghubungkan Blogspot Ke Google Search Console"