Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Feedburner Email?

Apa Itu Feedburner Email
Apa Itu Feedburner Email?

Feedburner Email

Feedburner email atau email feedburner sangatlah penting untuk menunjang peforma sebuah blog atau website online. Setiap blog atau website tentu memerlukan feedburner email atau email feedburner agar dapat menginformasikan kepada pembaca atau langganan jika ada pembaharuan atau informasi baru yang diterbitkan.

Apa Itu Feedburner Email?

Apa itu feedburner?. Feedburner Email atau Email Feedburner adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk mengirimkan informasi kepada pelanggan dari sebuah situs atau blog melaui email yang berisikan konten Feed RSS atau informasi terbaru yang di publikasikan.

Apa Itu RSS?

RSS adalah sebuah sistem layanan yang dibangun dengan tujuan menyimpan semua informasi terbaru dari sebuah web atau situs online saat mempublikasikan konten atau artikel terbaru. Layanan atau sistem RSS ini gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkankan. Bagi pembaca yang ingin berlangganan updetan artikel tidak dipungut biaya.

Ini berbeda dengan layanan percetakan seperti koran atau majalah. Ini adalah layanan gratis berbasis online, pengguna cukup mendaftar pada kolom atau tautan berlangganan yang disediakan oleh situs atau blog online menggunakan email. Maka pada saat ada pembaharuan data atau postingan terbaru, secara otomatis pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan.

Jenis Konten Feedburner

Secara umum ada dua jenis konten feedburner yakni konten RSS postingan dan RSS komentar. Kedua RSS ini memiliki fungsi yang sama yakni mengirimkan umpan atau notifikasi kepada pelanggan situs web jika ada pembaharuan informasi yang di publikasikan namun ada perbedaannya yakni:

  • RSS postingan: Adalah umpan situs yang dikirimkan kepada pelanggan beruba postingan terbaru yang di publikasikan.
  • RSS komentar: Adalah umpan situs yang dikirimkan kepada pelanggan berupa notifikasi komentar yang pernah dibuat didalam salah satu postingan jika ada yang menanggapi komentar tersebut.

Fitur Spesifik Feedburner Email

Berikut adalah fitur spesifik secara umum bagi penerbit yang ada didalam feedburner email:

Manajemen langganan

Penerbit dapat melihat, mengelola dan menjabarkan menu. Penerbit dapat mengelola data email pelanggan, bisa menonaktifkan atau memberhentikan pengiriman email RSS dan menghapus pelanggan. Penerbit dapat mengetahui jika pelanggan sudah tidak lagi mengikuti atau berhenti berlangganan.

Preferensi komunikasi

Penerbit dapat mengatur dan mengelola jumlah paragraf pesan feedburner email. Dalam hal ini, penerbit dapat mengatur jumlah pesan atau baris serta dapat menampilkan gambar didalam pesan feedburner email (Opsional).

Merek Email

Penerbit dapat menambahkan logo dalam feedburner email dan beberapa item tombol atau icon didalam feedburner email

Pilihan pengiriman

Penerbit dapat mengatur jadwal pengiriman feedburner email. Dalam Hal ini adalah jangka waktu pesan feedburner email terkirim ke pelanggan.

Siapa Saja Yang Menggunakan Layanan Feedburner?

Umumnya, yang menggunakan layanan sistem feedburner email ini adalah blog pribadi, situs berita atau penerbit surat kabar online, podcaster atau blogger.

Contohnya Blogger saya ini "fighazmc.com". Saya menggunakan layanan feedburner email. Kalian bisa melihatnya di bagian bawah postingan ini. Jika kalian ingin mendapatkan artikel atau postingan terbaru dari blog saya ini, kalian bisa mengisi email kalian.

Manfaat Layanan Feedburner

Dengan tampilan yang sangat sederhana baik itu untuk penerbit dan pelanggan akan mendapatkan dukungan penuh secara spesifik melalui feedburner email. Manfaat layanan feedbuner bagi penerbit dan pelanggan secara garis besar sebagai berikut:

Manfaat Layanan Feedburner Email Bagi Blogger, Blog, Atau Situs Berita

Manfaat feedburner email bagi penerbit adalah memberikan dukungan secara spesifik dengan mengirimkan email notifikasi pembaharuan atau postingan baru kepada penggemar atau pelanggan melalui email yang didaftarkan.

Manfaat Layanan Feedburner Email Bagi Pelanggan

Manfaat feedburner email bagi pelaggan adalah memberikan dukungan penuh secara spesifik dengan mengirimkan notifikasi pembaharuan atau postingan baru dari sebuah blog atau website online yang sudah diikuti melalui email yang didaftarkan.

Dengan hal ini, penerbit dapat dengan mudah menjangkau semua pelanggan dimana saja dan pelanggan tidak akan melewatkan setiap updetan terbaru dari blog atau situs online yang sudah diikuti atau berlangganan.

Jangka Waktu Dan Biaya Langganan Feedburner

Dalam sistem layanan feedburner email tidak ada jangga waktu dan biaya. Artinya semua ini gratis dan aktif selamanya. Bagi pelanggan anda cukup mendaftar sekali dan akan mendapatkan feedburner email dari blog atau website yang anda ikuti selamanya atau selama yang anda inginkan.

Begitupun sebaliknya, bagi penerbit anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menampung semua data RSS blog atau situs anda. Yang anda butuhkan hanyalah mendaftarkan situs anda ke layanan situs umpan web. Seperti cara membuat follow by email penganti feedburner di blogger.

Kesimpulan

Feedburner email atau email feedburner sangatlah penting untuk menunjang peforma sebuah blog atau website online. Dengan hal ini, penerbit dapat dengan mudah menjangkau semua pelanggan dimana saja dan pelanggan tidak akan melewatkan setiap updetan terbaru dari blog atau situs online yang sudah diikuti atau berlangganan.

Sekian tentag apa itu feedburner email, semoga bisa bermanfaat.

Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Apa Itu Feedburner Email?"