Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Template Blogger Yang Benar Sebaikanya Harus Lakukan Langkah-langakah Ini

Cara Mengganti Dan Memasang Template Blogger Yang Benar
Cara Mengganti Dan Memasang Template Blogger Yang Benar

Fighaz Mc, Blogger, - Cara pasang template blogger yang benar. Hallo semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagi teman-teman yang ingin menganti atau pasang template blogger yang benar, sebaiknya lakukan langkah-langakah dibawah ini.

Cara pasang template blogger atau mengganti template di blog untuk mempercantik tampilan sebuah blog memang menjadi salah satu faktor pendukung dalam sebuah blog. Sering gonta-ganti template blog memang suatu hal yang biasa bagi teman-teman blogger.

Tetapi jika teman-teman tidak memperhatikan beberapa langkah penting sebelum pasang template blogger atau mengganti template blogger, maka akan berpengaruh pada peformance dari blog teman-teman.

Bagi teman-teman yang masih awam dalam blog, tentu belum tau dan paham tentang apa itu template blogger.

Apa Yang Di Maksud Dengan Template Blog?

Template blog adalah desain tampilan sebuah blog atau website yang dibuat menggunakan bahasa pemograman Extensible Markup Language.

Bahasa pemograman terdiri dari code Cascading Style Sheets atau biasa di singkat menjadi css, Hypertext Markup Language atau biasa di singkat menjadi html dan JavaScript.

Semua tampilan blog atau website memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing, ini tergantung dari setiap pemilik blog atau website.

Umumnya teman-teman blog yang ingin mengganti template atau sering gonta-ganti template, alasan karena desain atau tampilan tempalatnya kurang bagus, kurang enak dilihat.

Apa Fungsi Dari Template Blog?

Fungsi template blog umumnya adalah untuk mempercantik sebuah blog atau website. Template blog adalah sebuah tampilan dukungan dari sebuah blog atau website untuk menjalankan atau menampilakan suatu kegiatan atau informasi.

Fungsi dari suatu tampilan template blog pada dasarnya ialah agar informasi yang di berikan kepada pengunjung atau pembaca lebih mudah di pahami.

Template blog atau website sebaiknya harus di sesuikan dengan kebutuhan dari blog itu sendiri. Bagi teman-teman yang sering gonta-ganti template dengan alasan kurang "cantik" di lihat, sebaikanya ubah pola pikir teman-teman.

Kenapa? karena baik dan buruknya sebuah template yang digunakan bukan tergantung dari "tampilan luarnya" saja, melainkan dari fungsi serta pengkodean dalam pembuatan template itu sendiri.

Yah ini berkaitan dengan istilah kerean "SEO". Jika teman-teman yang awam pasti sangat asing dengan kata "SEO" dalam pemilihan sebuah template blog untuk digunakan.

Template Blogger Responsive Mobile Friendly, Seo Friendly, Keren Dan Ringan

Nah untuk membantu teman-teman dalam memilih template, saya rekomendasikan beberapa pembuat template nih, yang menurut saya pribadi sangat baik dan sudah banyak loh yang memberikan response baik dan puas dengan beberapa desainer dibawah ini, seperti:

  • Sugeng.id
  • Kompi Template
  • Theme Indie
  • IDNTheme
  • Jago Desain
  • Igniel
  • Blanter Theme
  • Maha Template
  • Goomsite
  • XML Themes
  • SEOV6

Untuk pembuatan dan hasil dari kinerja para pembuat template diatas tidak perlu lagi diragukan.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mengganti Atau Passng Template Blogger

Sebelum mengganti atau pasang template blogger, ada beberapa hal penting yang harus kalian lakukan terlebih dahulu sebelum mengganti template. 

Jika kalian abaikan maka ini akan berdampak buruk pada blog atau website yang kalian miliki.

1. Kode Pelacakan Mesin Pencari

Secara umum, sebagai seorang blogger, untuk mendapatkan perhatian lebih dari robot mesin pencari, kita harus menghubungkan situs blog atau website yang kita kelola ke mesin pencari yang paling sering digunakan oleh pembaca seperti Google, Bing, Yandex, Baidu, dll.

Jika kita lupa menambahkan skrip pelacakan yang telah divalidasi sebelumnya saat mengganti template blog, proses pengindeksan untuk robot mesin telisuri akan melambat secara otomatis.

Ketika kita menerbitkan sebuah artikel maka mesin pencari akan sulit untuk menemukan bahkan tidak akan terindeks dan tentunya jumlah pengunjung akan berkurang bahkan peringkat blog atau website yang sebelumnya berada di "Page One" bisa turun ke "Page two" dan seterusnya atau lebih parahnya, tidak akan muncul di hasil pencarian.

Jika teman-teman terlanjur dan lupa menyalin kode pelacakan mesin pencari webmasters google, kalian bisa maca artikel saya tentang "Cara Cek Kode Verifikasi Google Search Console Yang Pernah Dibuat Atau Terhapus Di Blogger"

2. Kode Google Analytic

Beberapa blogger, terutama blogger baru, mungkin berpikir bahwa menghubungkan blog mereka ke Google Analytics tidak begitu penting. Tapi sebenarnya tidak.

Selain membantu kita mengumpulkan jumlah kunjungan ke blog atau situs web kita, data yang disediakan oleh Google Analytics dapat sangat berguna untuk pengembangan blog di masa mendatang. Karena mereka mengumpulkan banyak data yang berguna bagi kita.

Misalnya artikel mana yang paling banyak dibaca, kata kunci apa yang mengarahkan pengunjung ke situs kita, berapa lama waktu yang dibutuhkan pembaca untuk membaca setiap artikel, dan berapa banyak artikel yang dibaca dalam setiap kunjungan serta Informasi penting lainnya.

Tentu saja, jika kita lupa menambahkan kembali kode analitik ini, kita akan kehilangan banyak informasi berharga.

Dampaknya bisa sangat signifikan, seperti peningkatan rasio pantulan blog kita. Lalu bagaimana dengan blog kita? Banyak hal yang akan terkena dampak terutama dalam hal SEO seperti:

  • Saya tidak tahu kata kunci mana yang harus dioptimalkan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan mempertahankan posisi SERP terbaik saya.
  • Kita tidak pernah tahu apakah pembaca kita akan menyukai apa yang kita tulis, sehingga tingkat pentalan blog kita sangat tinggi. Saat ini, skor relevansi konten kami pasti akan turun, dan peringkat mesin pencari untuk kata kunci tertentu mungkin terpengaruh oleh postingan blog lain yang dianggap lebih relevan.

3. Skrip Iklan Google Adsense

Kode AdSense ini juga sering mudah dilupakan saat menganti template blog baru. Hal ini berlaku untuk blog atau website yang mendaftarkan blog atau website untuk menjadi published.

Jika lupa untuk memindahkan atau membuat cadangan sebelum menganti template blog, tidak diragukan lagi situs kita tidak akan muncul iklan dan mengurangi pendapatan kita.

4. Skrip Lain

Oke teman-teman, untuk srip lain-lain ini tergantung dari apa yang sedang kalian gunakan atau terapkan pada blog kalian. Contoh kalian memasang script media sosial, anti kopas, lazy load dan sebagainya, harap untuk kalian salin dan ingat setiap tag dari penempatan pada blog kalian. Ini agar jika kalian mengganti template blog yang baru kalian bisa memasangnya kembali dan tetap berfungsi.

Langkah-Langkah Menganti Template Di Blogger Atau Blogpsot

Untuk mengganti template blogger atau blogspot sangatlah mudah, namun Jika salah, maka resikonya akan seperti yang saya jelaskan diatas. Kita akan mengganti template blog html jadi perhatikan yah.

Langakah awal yang harus kalian lakukan terlebih dahulu ialah salin beberapa hal penting yang saya jelaskan tadi diatas. Nah untuk lebih mudahnya kalian bisa ikuti cara-cara dibawah ini.

Lakukan Cadangkan Template

Cara atau langkah pertama ialah, cadangkan tempalte atau download template blogger.

  • Masuk ke Dasbor blogger
  • Pilih "Tema"
  • Pilih "🔻" lalu,
  • Pilih "Cadangkan"

Langkah Atau Cara Mengganti Template Pada Blog Blogger Atau Blogpsot

Hapus Template Lama

Setelah cadangkan template, sekarang kita akan menghapus template lama atau yang sedang di gunakan.

  • Masih di halaman "Tema" kalian pilih "🔻" lalu,
  • Pilih "Edit HTML" lalu,
  • Pilih semua kode yang ada dan hapus

Langkah Atau Cara Mengganti Template Pada Blog Blogger Atau Blogpsot

Pasang Tema Baru Di Blog

Setelah menghapus teman lama, sekarang kita akan memasang tema yang baru. Disini saya mempraktekkan cara mengganti template blog di android, karena saya menggunakan HP untuk membuat blog.

  • Buka tema baru di Notepad,
  • lalu salin dan,
  • Pastekan atau tempelkan di halaman "Edit HTML" yang kosong tadi.
  • lalu pilih simpan.

cara memasang template blogger yang sudah di download

Cara memasang template blogger yang sudah di download adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, login ke akun blogger Anda dan pilih blog yang ingin Anda pasang template.
  2. Kemudian, pilih menu "Tema" yang terdapat di sisi kiri layar.
  3. Klik tombol "Unggah Tema" yang terdapat di bagian atas layar.
  4. Pilih file template yang telah di download dari komputer Anda, lalu klik tombol "Unggah".
  5. Tunggu hingga proses unggah selesai, kemudian klik tombol "Aktifkan" untuk mengaktifkan template baru tersebut.


Skarang template baru Anda sudah terpasang dan dapat digunakan untuk menampilkan blog Anda. Jika Anda ingin mengubah setelan atau menyesuaikan tampilan template, Anda dapat menggunakan menu "Kustomisasi" yang terdapat di bagian kiri layar.

Cara Membuat Menu di blogger

Setelah menganti template blog, tentu semua menu navigasi akan berubah atau tidak teratur. Nah untuk membuat menu di blogger dengan template yang baru ini tergantung dari template yang kalian gunakan.

Baik itu template premum yang kalian beli atau mengganti tema blog dengan tema download yang kalian cari di Internet.

Umumnya untuk membuat menu di blogger, kalian masuk pada bagian "Tata Letak", Lalu tambahkan "Gadget" Di bagian "Header".

Menu Utama Di Blogger

Beberapa menu utama di blogger yang harus ada yakni:
  • Home: Menu yang mengarahkan pengunjung ke halaman depan blog
  • Tentang: Menu yang mengrahkan pengunjung ke Halaman Tentang
  • Kontak: Menu yang mengarahkan pengunjung ke Halaman kontak
  • Kategori: Menu yang menambilkan artikel berdasarkan kategori atau label baca
  • Sitemap: Menu yang menampilkan semua artikel yang dibuat.

Untuk contohnya kalian bisa lihat tampilan blog yang ada di blog saya ini.

Sekian artikel Cara Mengganti Dan Memasang Template Blogger Yang Benar, semoga bisa bermanfaat.

Selamat mencoba!

Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Cara Pasang Template Blogger Yang Benar Sebaikanya Harus Lakukan Langkah-langakah Ini"