Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Deskripsi Analisis Penelusuran Yang Baik Untuk Blogger

Cara Membuat Deskripsi Analisis Penelusuran Yang Baik Untuk Blogger
Cara membuat deskripsi blog

Fighazmc.com, Blogger - Cara membuat deskripsi blog, dalam mengembangkan sebuah blog atau website, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Deskripsi blog atau website adalah salah satu hal dasar yang membuat blog atau website akan terlihat baik dan mendapatkan nilai yang positif bagi pembaca atau pengunjung.


Meskipun banyak orang yang berpendapat bahwa menulis adalah seni, sebenarnya ada beberapa teknik yang dapat Kita pelajari untuk menghasilkan konten yang baik.

Dalam artikel ini, saya akan membahas cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat deskripsi blogger yang menarik dan efektif tentang bagaimana cara membuat paragraf deskripsi yang baik untuk sebuah blogger.

Apa Itu Deskripsi

Apa itu deskripsi? Deskripsi adalah sebuah paragraf yang memaparkan, menguraikan atau melukiskan akan suatu objek, peristiwa atau gagasan yang di sampaikan oleh penulis secara otentik.

Fungsi utama dari deskripsi adalah memberikan gambaran singkat bagi pembaca sebelum membaca postingan selengkapnya.

Jadi, deskripsi haruslah menarik perhatian pembaca dan memberikan informasi yang cukup bagi pembaca untuk mendapatkan ide umum dari apa yang akan dibahas dalam postingan.

Deskripsi adalah sebuah paragraf yang memiliki tujuan untuk memberikan rasa kesan atau impresi kepada para pembaca atau pengunjung baik itu di blog ataupun website (Wikipedia/Deskripsi).


Apa itu Deskripsi di Blogger

Apa itu deskripsi di blogger? Deskripsi di Blogger adalah teks yang berada di bawah judul postingan di blog. Deskripsi terkadang juga disebut sebagai sinopsis atau ringkasan postingan.

Deskripsi blogger dan artikel

Untuk blogger, ada dua jenis deskripsi yakni, deskripsi untuk halaman blog atau blogger itu sendiri dan deskripsi untuk setiap artikel yang ada di dalam blog atau blogger itu sendiri.

Deskripsi blog atau Blogger, adalah paragraf yang memaparkan, menguraikan atau melukiskan tentang apa itu blog, blogger atau website kepada pengunjung.

Paragraf ini bisanya menginformasikan tentang konten atau topik yang di bahas secara umum di dalam blog atau saebuh halaman blogger.

Deskripsi artikel, adalah paragraf yang memaparkan, menguraikan atau melukiskan tentang apa yang dibahas didalam sebuah artikel tersebut oleh penulis kepada pembaca.

Paragraf ini mengandung kata-kata yang berfisat mengajak atau menimbulkan rasa penasaran akan apa yang ditulis dalam sebuah artikel tersebut.

Cara Membuat Deskripsi Untuk Blogger

Untuk membuat deskripsi di blogger sangatlah mudah. Seperti yang saya jelaskan diatas, ada 2 deskripsi untuk blogger yakni, deskripsi blogger itu sendiri dan deskripsi dari artikel itu sendiri.

Simak baik-baik yah Cara Membuat Deskripsi Blog dibawah ini langkah demi langkahnya.

Cara membuat deskripsi di Blogger

Mari kita mulai dengan membuat deskripsi blogger terlebih dahulu. Ingat yah, deskripsi blogger adalah tulisan yang menjelaskan tentang blog atau blogger itu sendiri.
  • Masuk dasboard blogger
  • Pilih 'Setelan'
  • Lihat Pada bagian 'Dasar' kemudian pilih 'Deskripsi'

Isi dengan Deskripsi Blogger kalian. Saran saya, tulis kalimat yang mengandung tag atau Lebel atau apa yang kalian bahas di dalam blogger kalian.

Contoh blogger dengan pembahasan internet,

  • Judul Blog: "Bahas Internet"
  • Deskripsi blog: "Bahas Internet adalah halaman blog yang membahas tentang Internet, apa itu internet, bagaimana internet bekerja, untuk apa itu internet.....",
Lanjutkan dengan kalimat pertanyaan. Saran Saya Gunakan Prinsip 5W + 1H, "What, Who, When, Why, Where dan How" jika di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia "Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Dimana dan Bagaimana. Setelah itu simpan.

Cara menampilkan deskripsi blogger di penelusuran


Masih dalam halaman 'Setelan', kemudian kalian gulir kebawah Dan cari bagian 'Tag Meta'.
Hidupkan Opsi 'Aktifkan deskripsi penelusuran'
Lalu kalian isi 'Deskripsi'.

Ingat yah, pada bagian 'Deskripsi' ini, kalian isi dengan tag, lebel atau kategori yang kalian bahas didalam Blogger kalian.

Kita ambil contoh seperti judul blog di atas, "Bahas Internet". Saya sarankan kalian pilih tag atau lebel untuk Pembahasan internet yang lagi populer. Ingat yah isikan "Kata Kunci"-Nya saja.

Rekomendasi Artikel

Jika kita membahas internet, ingat bahwa didalam internet ada beberapa Kategori pembahasan.
  • E-mail, digunakan untuk mengirim pesan elektronik, dengan jangkauan yang luas (Dunia)
  • FTP - File transfer protokol merupakan layanan untuk melakukan pengiriman file dengan berbagai ukuran
  • Telnet, adalah sebuah proses yang dilakukan oleh protokol jaringan sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi berbasis teks yang berjalan pada mode dua arah dengan menggunakan metode koneksi virtual terminal
  • World Wide Web atau WWW Fasilitas internet www, adalah fasilitas yang paling populer di masa sekarang, dan merupakan fasilitas yang menjadi tonggak utama perkembangan teknologi internet
  • Gopher,Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali
  • Discussion Group, Dengan fasilitas e-mail seperti di atas, kita juga dapat gunakannya untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain
  • Search engine, adalah mesin pencari, yang dapat mencari informasi-informasi yang ada di internet dengan lebih mudah, hanya dengan mengetik kata kunci (keyword)
  • Social networking (Jejaring Sosial), mirip dengan fasilitas Newsgroup. Dengan fasilitas ini pengguna dapat berhubungan dengan orang darimanapun dan kapanpun yang Anda mau
  • VoIP (Voice over Internet Protocol), adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan komunikasi telepon dengan pengguna lain melalui internet
  • Internet Relay Chat (Chatting) - Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah aplikasi Internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di Internet
Nah, disetiap kategori diatas memiliki sub-kategori lagi dengan pembahasan-Nya masing-masing. Silahkan kalian ambil salah satu kategori yang kalian suka dan pahami.

Saya contohkan Dengan kategori "www".  Dengan Pembahasan layanan webbsite. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server.

Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis.

Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).

Maka format Penulisan akan Seperti dibawah ini,
  • Contoh Deskripsi: "Bahas Internet, adalah blog yang membahas seputar html, CSS, Widget, Software......",

Ingat Didalam kolom 'Deskripsi' pada bagian 'Tag Meta', kalian hanya bisa menulis 150 huruf (termaksud spasi), jadi usahakan tulis yang penting dan sesui dengn tag pembahasan yang ada di dalam blogger kalian.


Cara Membuat Deskripsi Penelusuran Artikel Blogger


  • Unuk membuat deskripsi artikel muncul saat penelusuran sangatlah mudah.
  • Buatlah sebuah artikel
  • Setelah selesai, kalian lihat pada 'Setelan entri' dalam 'Tampilan Menulis'. Jika kalian Menggunakan Handphone untuk mengetik, maka ubah dulu tampilan layar menjai 'Situs Desktop'.
  • Kemudian pilih 'Deskripsi Penelusuran'

Pada Bagian 'Deskripsi Penelusuran', kalian isi dengan deskripsi yang menerangkan isi artikel kalian.



Kesimpulan

Halaman deskripsi yang baik dapat meningkatkan nilai positif terhadap blog atau website kalian.


Semoga bermanfaat,
Selamat mencoba!
Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Cara Membuat Deskripsi Analisis Penelusuran Yang Baik Untuk Blogger"