Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat FeedBurner Untuk Blogger Sebagi Alat Management Tools

Membuat FeedBurner Untuk Blogger Sebagi Alat Management Tools

Fighazmc.com, Blogger - Feedburner adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan Anda menyesuaikan umpan RSS dan melacak pelanggan Anda.

Dengan pengelolaan yang baik terhadap feedburner blog, dapat meningkatkan DA atau PA dari sebuah blog itu sendiri.

Setelah membuat blog atau website, ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh pembuat blog ataupun website, dalam meningkatkan dan mengembangkan blog atau website menjadi lebih baik. Salah satunya melalui manajemen tools feedburner.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat Feedburner yang baik untuk sebuah blogger. Jika Anda memiliki blog di Blogger, Anda dapat menggunakan Feedburner untuk mengelola umpan RSS dan melacak pelanggan Anda.


Apa Itu Feedburner

Feedburner adalah sebuah layanan manajemen umpan web yang berupa RSS feed dan Atom blogger. RSS adalah sebuah singkatan dari 'Really Simple Syndiciation' atau 'Rich Site Summary' jaka kita artikan dalam bahasa Indonesia, kira-kira seperti ini, 'Sindikasi atau gabungan yang sangat sederhana' atau 'Ringkasan Situs kaya/ Semua ringkasan yang ada didalam situs'. 

Atom adalah bahasa XML yang digunakan untuk umpan web, sedangkan Atom Publishing Protocol (AtomPub atau APP) adalah protokol berbasis HTTP sederhana untuk membuat dan memperbarui sumber daya web.” Atom dikembangkan sebagai alternatif untuk mengatasi keterbatasan dan kekurangan dari RSS. 

Jika masih bingung, untuk lebih mudahnya Feedburner adalah sebuh tools yang memberikan informasi kepada pemilik blog atau website, tentang seluruh aktivitas pengunjung atau pembaca yang mengakses blog atau website kalian.


Dalam hal ini, Feedburner akan memberikan informasi kepada pengunjung yang sudah berlangganan atau mengikuti blog ataupun website kalian, jika kalian menerbitkan artikel baru di blog atau website kalian.

Singkatnya, Feedburner ini adalah sebuah layanan yang membantu mempromosikan blog atau website kalian kepada pengunjung atau pembaca.

Jika kalian bertanya, 'Apakah hal ini penting untuk blogger?', Jawabanya 'Ya'. Dalam meningkatkan kinerja blog atau website yang kalian miliki, hal ini perlu dilakukan.

Ingat interaksi yang baik antar pemilik blog atau website dengan pembaca atau pembaca pengunjung, dapat meningkatkan nilai positif terhadap blog atau website yang kalian miliki.

Cara Membuat Feedburner Untuk Blogger

Cara membuat FeedBurner untuk blog Blogger:
  1. Buka dasbor Blogger Anda dan pilih blog yang ingin Anda buat feed FeedBurnernya.
  2. Di bilah sisi kiri, klik "Pengaturan".
  3. Di bawah "Pengaturan", pilih "Lainnya".
  4. Di bagian "Umpan Blog", pilih "Penuh" di sebelah "URL Pengalihan Umpan Pos".
  5. Salin URL yang muncul di kotak teks di sebelah "URL Pengalihan Umpan Pos".
  6. Buka http://feedburner.google.com.
  7. Tempelkan URL yang Anda salin pada Langkah 5 ke dalam kotak teks "Burn a feed right this instant" dan klik "Next".
  8. Pada halaman berikutnya, beri nama feedBurner Anda dan klik "Next".
  9. Pada halaman berikut, Anda dapat memilih untuk membuat

Cara membuat feedburner yang baik untuk blogger

  • Sediakan sebuah email yang aktif untuk didaftarkan ke feedburner
Untuk mendaftar ke feedburner bisa menggunakan email yang digunakan untuk membuat blog atau website dan bisa juga menggunakan email terpisah. Tergantung dari kalian, karena email yang didaftarkan ke feedburner akan menjadi akun atau admin dari semua blog atau website kalian yah.

  • Selanjutnya silahkan kunjungi halaman resmi feedburner di https://feedburner.google.com/ maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat FeedBurner Untuk Blogger Sebagi Alat Management Tools

'I am a podcaster!', tidak dicentang karena kita bukan podcaster (podcaster: adalah blog atau website dengan jenis rekaman diskusi audio tentang topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan, yang dapat didengarkan) tetapi jika blog atau website kalian sejenis podcaster, maka di centang, Jika tidak biarkan kosong dan klik 'Next'.
  • Selanjutnya Kalian Pili 'Atom' Kemudian pilih 'Next'.

Kenapa Atom? Karena lebih aman untuk blogger (Menghindari Pencurian Artikel) dengan tampilan XML. {alertInfo}
  • Selanjutnya, seperti pada gambar dibawah ini, kalian pilih 'Next'

  • Sampai disini, alamat untuk feedburner kalian sudah jadi seperti gambar dibawah ini

Selanjutnya, kita kaitkan alamat feedburner ke blog kita.


Cara Hubungan Alamat Feedburner Ke Blogger

Setelah membuat feedburner, kita hubungkan dengan Blog kita. Cara sangat mudah.
  • Pertama, masuk ke dashboard blogger, pilih blog yang ingin kita kaitkan (sesuaikan dengan blog yang kalian buat alamat feedburner nya)
  • Pilih 'Setelan'
  • Cari 'Feed Situs'
  • Kemudian pilih 'Footer feed entri' dan masukkan alamat feed yang tadi sudah dibuat, dan masukkan link Blogger kalian di bagian 'URL alihan feed entri', seperti gambar dibawah ini

Setelah hubungkan alamat feedburner dengan blogger, kalian kembali lagi halaman feedburner unuk melanjutkan setelan.

Cara Setting Feedburner Untuk Blogger

Setelah kaitkan alamat feedburner ke blogger, sekarang kita kembali ke halaman feedburner. Pada halaman terakhir yang menunjukkan alamat feedburner telah aktif, kalian pilih 'Next'. Maka akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu Kalian Pilih 'Next'. Setelah kalian memilih 'next', maka secara otomatis akan muncul pada halaman dashboard feedburner. Pada bagain ini kalian lanjutan dengan menyeting 'Optimasi'.
  • Pilih 'Optimasi'
  • Kemudian pilih 'Summary Burner'. Seperti Gambar dibawah ini

Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Pada bagaian ini, kita akan membuat agar setiap Artikel yang kita terbitkan tidak muncul satu halaman penuh, malainkaan hanya 200 karakter saja atau terserah kalian mau berapa karakter.

  • Setelah itu pilih 'Save'.

Pada tahapan ini kalian sudah berhasil membuat feedburner untuk blogger dan menghubungkan alamat feedburner serta melakukan settingan yang baik dan aman untuk blogger. Langkah selanjutnya kita akan menampilkan widget langganan pada halaman blogger.

Sebenarnya untuk langkah ini, kita bisa menggunakan tambahan widget didalam tampilan tata letak dasboard blogger. Namun karena ada perubahan updetan terbaru dari google, maka kita akan menggunakan link pengantar sebagai ganti dari widget ini.

Preview Kotak Langganan Email Pengganti Feedburner Blogger


  • Pertama silahkan kunjungi https://follow.it/s/lLvQ
  • Selanjutnya Silahkan baca lengkap cara membuat link langganan email terbaru pengganti feedburner blogger yang responsif.

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan Feedburner untuk menambahkan opsi berlangganan email ke umpan RSS Anda, melacak statistik pelanggan Anda, dan banyak lagi.

Semoga bermanfaat,
Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat FeedBurner Untuk Blogger Sebagi Alat Management Tools"