Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasukkan Subtitle Film di Laptop Tanpa Ribet, Berikut Tutorialnya!

Cara Memasukkan Subtitle Film di Laptop
Cara Memasukkan Subtitle Film di Laptop

Cara Memasukkan Subtitle Film di Laptop

Cara Memasukkan Subtitle Film di Laptop - Saat ini, menonton film menjadi salah satu hobi yang cukup banyak diminati oleh semua kalangan. Biasanya, orang-orang menonton film di akhir pekan untuk menghilangkan stres setelah sibuk beraktivitas selama sepekan. Kebanyakan orang menonton film untuk membantu proses self healing.

Namun, ada banyak orang yang mungkin merasa bingung saat menonton film berbahasa asing di laptop, sebab tidak mengetahui artinya. Oleh karena itu, subtitle menjadi salah satu solusi bagi para pecinta film agar dapat mengerti dialog para pemain dalam film tersebut. Nah, apakah kamu sudah mengetahui cara memasukkan subtitle film di laptop?

Buat kamu yang belum tahu caranya, maka kamu wajib menyimak pembahasan artikel berikut ini yang akan memberikan tutorial cara memasukkan subtitle film di laptop tanpa ribet. Jadi, pastikan simak artikelnya sampai selesai ya agar tidak ketinggalan informasi pentingnya.

Apa Itu Subtitle yang Wajib Dipahami

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memasukkan subtitle film di laptop, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang Apa itu subtitle. Perlu kamu tahu, dalam film istilah subtitle mempunyai arti yaitu file yang berisi dialog para pemeran dalam suatu film. Nah, dialog-dialog ini biasanya berbentuk teks yang akan muncul ketika seorang aktor atau aktris mengucapkan dialognya.

Cara Memasukkan Subtitle Film di Laptop Tanpa Ribet

Perlu kamu tahu, kamu bisa menambahkan subtitle video atau film di laptop dengan mudah baik secara manual maupun otomatis. Namun, sebelumnya kamu harus mendownload file subtitle filmnya melalui website-website penyedia subtitle. Untuk mengetahui lebih lanjut cara menampilkan subtitle film di laptop, maka kamu bisa menyimak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menampilkan Subtitle di Laptop Otomatis

Agar subtitle kamu bisa terbaca secara otomatis ketika video atau film diputar, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa file video atau film dan juga file subtitlenya berada dalam satu folder yang sama.
  • Sesuaikan nama file subtitle dengan cara rename pada bagian file subtitle dan samakan dengan nama file filmnya.
  • Contoh
    File film : Transformers-The-Last-Knight.mp4
    File subtitle : Transformers-The-Last-Knight.srt
  • Cobalah untuk memutar video atau film dengan aplikasi media player.
  • Subtitle akan otomatis terbaca dan muncul saat video atau filmnya diputar.

Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar agar subtitle kamu dapat muncul secara otomatis ketika video atau film diputar.

Cara Menampilkan Subtitle di Laptop Secara Manual Menggunakan Drag and Drop

Selain menggunakan cara otomatis dengan mengubah nama file, ada juga cara manual untuk menampilkan subtitle film di laptop. Meskipun disebut cara manual, tetapi cara ini juga tidaklah sulit. Kamu bisa bebas menempatkan file film dan subtitle, bisa dalam folder yang sama, atau bisa juga berbeda folder. Berikut tutorialnya:

  • Pertama, putar film dengan menggunakan aplikasi media player.
  • Bagi layar menjadi 2, klik subtitle dan seret ke bagian media player, kemudian lepaskan.
  • Jika sudah berhasil, maka akan muncul notifikasi bawa subtitle telah berhasil dimuat, dan secara otomatis subtitle akan muncul dalam video.
  • Cara ini bisa kamu gunakan di semua Media player yang support dengan penggunaan subtitle.

Cara Menampilkan Subtitle Film Manual Menggunakan Load Subtitle

  • Pertama, putar video atau film dengan aplikasi media player.
  • Saat videonya sedang diputar, klik kanan pada mouse atau trackpad.
  • Klik pada bagian subtitle track atau terjemahan, lalu klik tambah file terjemahan.
  • Selanjutnya, arahkan ke lokasi tempat penyimpanan file subtitle.
  • Pilih subtitle tersebut, lalu klik pada bagian open.
  • Jika sudah berhasil, maka akan muncul notifikasi, dan secara otomatis subtitle akan muncul dalam video tersebut.

Penutup

Nah, itulah pembahasan mengenai cara memasukkan subtitle film di laptop dengan mudah, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara memasukkan subtitle film di laptop bisa dilakukan dengan mudah yaitu cara manual menggunakan fitur media player, dan juga cara otomatis dengan menempatkan file dalam satu folder

Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo!, Saya suka menulis di blog, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Cara Memasukkan Subtitle Film di Laptop Tanpa Ribet, Berikut Tutorialnya!"