Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Praktis: Cara Cek Pajak Kendaraan (Online) Di Seluruh Wilayah Indonesia

Cek Pajak Kendaraan Online Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim. samsat online cek pajak kendaraan online jakarta cek pajak kendaraan online kaltim cek pajak kendaraan online jateng cek pajak kendaraan online jatim cek pajak kendaraan ntb online cek pajak kendaraan online kepri
Cek Pajak Kendaraan Online

Cek Pajak Kendaraan Online

Fighazmc.com - Anda sedang mencari informasi tentang cara melakukan pengecekan pajak kendaraan? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk membantu Anda dengan mudah dan cepat melakukan pengecekan pajak kendaraan.

Zaman sekarang, dengan teknologi canggih yang ada, nggak ada yang nggak bisa kita lakuin, guys! Beneran deh, sekarang udah gampang banget dan nggak bikin repot lagi.

Makin majunya teknologi, sekarang kamu bisa bayar pajak kendaraan dengan mudah lewat online, loh!

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin, dan tenang aja, semua cara yang bakal mimin jelaskan ini bisa kamu ikuti dengan gampang.

Cuma, mimin harap kamu dengerin penjelasannya dengan baik, biar informasi yang mimin berikan kali ini bisa kamu pahami dengan jelas, ya.

Apa Itu Pajak Kendaraan?

Pajak kendaraan tuh pajak yang harus lo bayar tiap tahun buat mobil atau motor yang lo punya, bro.

Itu pajaknya buat nyumbang ke pemerintah buat pake jalan sama fasilitas umum lainnya. Jumlah pajaknya tergantung jenis kendaraan dan tahun pembuatannya, jadi bisa beda-beda, nih.

Kenapa Harus Bayar Pajak Kendaraan?

Pajak kendaraan tuh sebenernya buat ngisi dompet pemerintah biar bisa bangun jalan dan ngurusin fasilitas umum lainnya.

Nah, dengan bayar pajak kendaraan, kita juga ikutan nyumbang buat ngerawat keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lain, lho. Jadi, semacam kontribusi kita juga gitu deh!

Apa Bisa Cek Pajak Kendaraan Secara Online?

Mungkin masih banyak yang bingung dan kepo tentang cara cek pajak online ini. Soalnya kan biasanya nggak gitu sering kita lakuin online.

Biasanya harus ke Samsat, deh, buat cek langsung. Tapi sekarang, tenang aja, nggak perlu repot-repot gitu lagi.

Nah, geng! Pemerintah udah bikin gampang banget buat kontrol pajak, nih. Makai sistem online, jadi kita bisa cek bayaran pajak dengan mudah banget, dong.

Jadi, kapan aja dan di mana aja bisa dicek, gak perlu nungguin waktu senggang buat mampir ke kantor Samsat di sekitar tempat tinggal.

Eh, dengerin ya, sekarang ada beberapa cara yang bisa kita pake buat ngecek pajak kendaraan kita, loh!

Nah, buat kamu yang pengen cek pajak kendaraan secara online, ada 4 cara seru yang bisa kamu coba.

Pertama, kamu bisa pakai aplikasi, kedua, buka website-nya, ketiga, pakai dial up, dan yang terakhir, kirim SMS.

Pokoknya, semua bisa kamu lakuin dengan gampang lewat ponsel kamu, di mana aja dan kapan aja. Mantap, kan?

Sekarang, enak banget kan kita bisa pake berbagai macem aplikasi di hp kita? Cuma kadang, cara ngoperasin aplikasi-aplikasi itu masih agak bikin bingung deh.

Sama juga kayak pas mau cek pajak kendaraan pake aplikasi, banyak yang masih bingung gimana cara daftar dan pakenya.

Nah, jangan khawatir! Di sini aku kasih tutorialnya biar kamu bisa daftar dan pake aplikasinya dengan mudah. Yuk, simak di bawah ini!

Begini Cara Daftar Aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang Benar

Nah, sebelum kamu bisa pake aplikasi baru, tentu aja kamu harus daftar dulu di aplikasi yang mau kamu pake itu. Buat daftarannya, kamu perlu akun yang berisi data-data kamu.

Pastinya, data-data yang diminta itu penting banget dan wajib diisi dengan bener. Nah, berikut ini langkah-langkah supaya kamu bisa daftar dengan baik dan benar.

1. Unduh Aplikasi SIGNAL

Pertama, lo harus download dulu aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional). Nah, aplikasi keren ini bisa lo temuin di Google Play Store atau App Store gitu, bro.

2. Masukkan Data

Setelah kamu berhasil mengunduh aplikasi SIGNAL, langkah selanjutnya adalah mendaftar dengan mengisi data pribadi yang diminta oleh aplikasi.

Sebelum kamu mulai mendaftar, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). Setelah semuanya siap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Isi data dengan benar, termasuk nama sesuai dengan E-KTP, NIK, email, dan nomor handphone.
  • Setelah semua data yang diperlukan terisi, buatlah kata sandi.
  • Ulangi kata sandi yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Kamu akan diminta untuk mengunggah foto E-KTP yang kamu miliki. Pastikan kamu mengikuti aturan-aturan tertentu agar fotonya valid.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengambil foto diri dengan memegang E-KTP untuk verifikasi biometrik.

3. Masukin Kode OTP yang Dapet dari SMS

Nah, setelah lo udah ngikutin semua langkah di atas, selanjutnya tinggal nungguin kode OTP yang dikirim lewat SMS. Pas lo udah dapetin kode OTP-nya, tinggal lo masukin kode itu buat verifikasi selesai.

Setelah lo verifikasi di aplikasi SIGNAL, lo juga bisa verifikasi lagi lewat link yang dikirim ke email lo. Udah lo verifikasi lagi, berarti aplikasinya siap digunakan deh.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Menggunakan Aplikasi SIGNAL

Kalau udah daftar akun di aplikasi SIGNAL, nanti langsung bisa cek pajak kendaraan loh. Ada juga cara lainnya buat ngecek lewat aplikasi ini.

Nah, ada dua tahapannya buat akses aplikasi SIGNAL buat cek pajak kendaraan yang kamu punya. Jadi, kita bisa ikutin langkah-langkahnya yang gampang banget. Ini dia penjelasannya:

1. Tambahkan Daftar Kendaraan Milikmu

Kalau mau cek pajak kendaraan di aplikasi SIGNAL, kita harus daftarin dulu kendaraannya. Gak mungkin kan kita bisa ngecek pajaknya kalo belum didaftarin? Nah, jadi sebelumnya kamu harus mendaftarkan kendaraanmu di aplikasi itu.

Oh iya, kalo misalnya kamu punya kendaraan lebih dari satu dan itu atas nama orang lain, tenang aja, kamu bisa daftarin semua kendaraannya dalam satu aplikasi dan satu akun aja, loh. Nah, ini dia langkah-langkahnya buat daftar kendaraannya:

  • Buka aplikasi SIGNAL dan klik ikon "tambah" (+) untuk tambah data kendaraan.
  • Pilih opsi "Kendaraan atas Nama Sendiri".
  • Masukkan nomor kendaraan bermotor kamu
  • Isi nomor rangka kendaraan, tapi cuma 5 digit terakhir aja.
  • Selesai!

Nah, kalo kamu mau masukin kendaraan orang lain, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik ikon "tambah" (+) lagi di aplikasi.
  • Akan muncul form buat masukin data dokumen kendaraan.
  • Masukkan nama pemilik kendaraannya.
  • Kalo anggota keluargamu punya kendaraan yang sama, bisa pilih salah satu aja.
  • Masukkan nomor STNK atau NRKB di kolom yang tersedia.
  • Isi juga nomor rangka kendaraannya, tapi yang 5 digit terakhir aja.
  • Jangan lupa masukin NIK dan foto e-KTP.
  • Pilih "Lanjutkan".
  • Selesai!

Dengan begitu, kamu udah bisa cek pajak kendaraan dengan gampang di aplikasi SIGNAL. Jadi, jangan lupa daftarin semua kendaraanmu, ya!

2. Cara Cek Dan Bayar Pajak Langsung dari Aplikasi

Nah, setelah kamu selesai daftarin motor kamu, sekarang kamu bisa cek dan bayar pajaknya langsung dari aplikasi SIGNAL. Langsung aja ke langkah berikutnya, ya.

Di aplikasi, pilih menu "Kendaraan Terungkap".

Di situ, kamu bakal langsung keliatan info tentang "Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Wajib (SWDKLLJ)".

Kamu tinggal pilih mau bayar atau enggak.

Setelah itu, kamu dapet Kode Pembayaran.

Kalo bisa, bayar aja ke mitra yang kerjasama sama aplikasi.

Setelah bayar, kamu bakal dapet "bukti pembayaran" nya.

Kalo pilih opsi pengiriman, nanti dapet "bukti TBPKP".

Selesai deh!

Cek Pajak Kendaraan Melalui Dial Up

Ternyata kamu juga bisa cek pajak kendaraanmu pakai dial-up, bro. Enggak perlu repot buka aplikasi atau website, cukup pake dial-up aja. Gampang banget, loh!

Jadi, tanpa harus buka situs atau aplikasi, langsung aja cek pajak kendaraanmu dengan langkah-langkah berikut. Ini contoh buat yang di DKI Jakarta ya.

  • Di menu ponselmu, ketik langsung "*368#".
  • Pilih "1. Polda Metro Jaya > 2. Informasi biaya tebusan".
  • Tulis nomor kendaraanmu.
  • Klik "OK/Kirim".
  • Selesai!

Setelah cek pajak kendaraan, pastikan pajaknya udah terbayar ya. Kalau belum, buruan bayar biar enggak kena denda dan sanksi lainnya.

Bayar pajak kendaraan itu wajib bagi pemilik kendaraan motor, guys. Dengan cek pajak kendaraan online atau offline, kamu bisa tahu udah terbayar apa belum.

Kalo pajaknya belum terbayar, jangan tunda-tunda. Segera bayar pajak kendaraan supaya enggak kena denda dan sanksi lainnya, bro!

Post a Comment for "Panduan Praktis: Cara Cek Pajak Kendaraan (Online) Di Seluruh Wilayah Indonesia"