Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Di Perangkat Android, Ternyata Mudah Banget!

Standard figure HTML tag
Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Di Perangkat Android
Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang di Perangkat Android - Sebagai pengguna smartphone berbasis Android, pernahkah kamu mendengar istilah opsi pengembang atau developer option yang ada di perangkat Android? Sebagian besar pengguna perangkat android ternyata belum mengetahui adanya opsi pengembang di perangkat smartphone mereka.

Kebanyakan pengguna juga belum mengetahui apa fungsi dari opsi pengembang dan bagaimana cara menonaktifkan opsi pengembang apabila sudah terlanjur mengaktifkannya. Sebenarnya, adanya opsi pengembang ini tidak akan membahayakan fitur yang ada di dalamnya. Namun, tidak sedikit orang yang justru ingin menonaktifkannya karena merasa tidak memerlukan adanya opsi tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan pembahasan menarik untuk kamu simak terkait cara menonaktifkan opsi pengembang di perangkat Android. Jadi, pastikan kamu menyimak pembahasannya sampai selesai agar tidak ketinggalan informasi penting di dalamnya.

Apa Itu Opsi Pengembang yang Wajib Kamu Pahami

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menonaktifkan opsi pengembang, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai dasar-dasar dari opsi pengembang. Dalam perangkat smartphone yang berbasis Android, ada sebuah opsi atau mode yang bernama opsi pengembang atau developer option. 

Sebagai informasi, opsi pengembang merupakan seperangkat pengaturan tersembunyi lanjutan yang ada di perangkat Android. Pengaturan ini digunakan untuk tujuan debugging atau penghapusan bug pada perangkat, serta bertujuan untuk pengembangan aplikasi. 

Dengan mengaktifkan developer option ini, kamu bisa mengaktifkan proses debug melalui USB, mengambil laporan bug, flash permukaan jendela saat sedang mengupdate, mengaktifkan masukan visual untuk ketukan, menggunakan GPU untuk rendering grafis 2D, dan masih banyak lagi.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang pada Android

Sebelum kamu mengetahui cara mengembalikan opsi pengembang ke semula, maka tidak lengkap jika kamu belum mengetahui cara mengaktifkan opsi ini. Berikut adalah tutorial yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan opsi pengembang pada Android:

  1. Buka aplikasi setelan atau settings pada perangkat Android yang kamu miliki.
  2. Kemudian, scroll dan cari menu tentang ponsel atau about phone.
  3. Cari opsi atau menu yang bertuliskan build number yang biasanya ada di dalam menu informasi perangkat lunak.
  4. Klik beberapa kali pada bagian build number hingga muncul pesan bahwa opsi pengembang sudah diaktifkan atau semacamnya.
  5. Kamu bisa memeriksa apakah opsi pengembang sudah muncul pada halaman utama setelan.
  6. Jika sudah muncul, maka opsi pengembang sudah aktif di perangkat Android kamu.

Perlu diperhatikan pada beberapa tipe dan merk smartphone, mungkin terdapat beberapa perbedaan lokasi dan penamaan menu, sehingga kamu perlu menelusuri tiap-tiap setelan di perangkat kamu terlebih dahulu.

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang di Perangkat Android

Bagi kamu yang merasa tidak memerlukan adanya opsi pengembang di perangkat kamu, maka kamu dapat menonaktifkannya di pengaturan dengan mengikuti tutorial berikut ini:

  1. Pertama, kamu harus masuk ke menu setelan atau pengaturan di perangkat smartphone.
  2. Cari menu developer option atau opsi pengembang sesuai dengan tipe perangkat yang kamu gunakan.
  3. Klik pada menu developer option atau opsi pengembang, lalu geser toggle bertuliskan developer option.
  4. Pastikan toggle tersebut bergeser dan berubah warna dari biru menjadi abu-abu.

Jika kamu merasa tidak cukup dengan menonaktifkannya saja, dan ingin mengetahui cara mengembalikan opsi pengembang ke semula, maka kamu bisa melakukannya dengan menghapus data aplikasi pengaturan yang ada di perangkat kamu. Dengan begitu, tidak akan ada lagi opsi pengembang di perangkat Android milik kamu.

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan yang sudah kami rangkum untuk kamu mengenai cara menonaktifkan opsi pengembang pada perangkat Android. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan membantu kamu yang ingin mengetahui cara mengembalikan opsi pengembang ke semula.

Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo!, Saya suka menulis di blog, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Di Perangkat Android, Ternyata Mudah Banget!"