Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet Dan Tahan Lama?

Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet Dan Tahan Lama?
Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop

Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet Dan Tahan Lama?. Pertanyaan ini sering kali saya dapat dari teman-teman saya waktu saya masih kuliah dulu.

Yah, dulu sekitar 6 tahun lalu (2016) dari sekarang (2022) pertanyan ini sering sekali ditanyakan oleh teman-teman saya, "Brow...Bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama?".

Yah, karena dulu saya sering diminta teman-teman kampus untuk menginstal ulang leptop mereka dan mereka bertanya bagaiman sih "cara merawat baterai laptop biar awet", "Apakah boleh main laptop sambil di charge?", "Apa yang membuat baterai laptop cepat habis?", "Apakah boleh main laptop sambil di charge?", "Bagaimana cara charge laptop yang benar?", "Bro kalo nonton B*k*p sambil cas pengaruh ngak?" dan masih banyak lagi pertanyan yang kadang membuat otak saya menjadi eror untuk menjelaskannya, wkwkwkwk......

nah pada artikel kali ini, fighazmc.my.id akan memberikan jawaban yang dulu pernah saya berikan untuk teman-teman saya, simak hampai habis yah, agar Baterai Laptop kalian Awet Dan Tahan Lama.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama

Pengguna laptop sering tidak tahu atau bahkan mengabaikan penanganan baterai. Seperti komponen lain di dalam laptop yang kita miliki , ingat baterai miliki memiliki masa pakai. Masa pakai baterai mungkin lebih lama dari yang ditentukan oleh produsen laptop dengan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuat baterai laptop awet dan bertahan lebih lama.

Hindari Daya Baterai Menjadi 0% Atau Mati Total

Dizaman moderen saat ini, setiap laptop sudah dilengkapi dengan pengingat untuk mengisi daya baterai. Saran Saya jangan biarkan daya baterai hingga benar-benar habis atau 0%. Segera isi ulang daya baterai saat sudah muncul peringatan dari sistem.

Beberapa pakar (termaksud saya juga yah, walaupun itu hanya pengakuan saya sendiri, berdasarkan pengalaman saya pribadi, wkwkkwkw....) menyarankan untuk selalu menyisakan daya baterai minimal 70% hingga 50% sebelum dilakukan pengisian ulang.

Mungkin karena kalian terlalu fokus bekerja, nonton film atau bermain game dan sebagainya sehingga kalian seringkali lupa untuk mengecas laptop (Ayo ngaku aja.....Saya juga sering begitu) hingga akhirnya mati total. Ingatyah, bahwa kebiasaan seperti ini akan membuat kualitas baterai laptop kita menurun dan berakibat fatal.

Jika laptop tiba-tiba mati karena kehabisan daya, hal ini akan membuat komponen dalam pada baterai menjadi cepat rusak. Yap, ingatyah KOMPONEN DALAM DARI BATERAI, hal ini bagi orang awam tentu bingung jika saat pertama kali membaca atau mendengarkan penjelasan ini (Saya juga bingung untuk menjelaskannya,,,hehehhe...Tapi Bo'Ong).

Jika saja Kalian Lebih Peka, jeli, atau apapun itu bahasanya, yang intinya "sadar ngak?", Pada baterai laptop dengan daya 5%, 10% biasanya akan lebih lama penurunan hitungan persennya (%), ketimbang dari angka 100% menjadi 90%, Sadar?, ingat,?.

Nah jadi, setiap baterai itu memiliki daya dasar yang sudah dari pabrik ciptakan untuk menjaga Inti dalam dari baterai yah, paham? Jadi, jika ingin baterai laptop awet dan tahan lama, lakukanlah pengisian daya sebelum di bawah 20%, paham kan? masa udah gede tapi ngak paham (hehehe....bercada saja yah)

Gunakan Adaptor Pengisi Daya (Charger) Yang Asli

Merawat baterai leptop, perlu diperhatikan juga agar baterai laptop awet dan tahan lama kalian wajib menggunakan charger asli (Adaptor) atau bawaan dari laptop itu sendiri.

Jika adaptor pengisi daya bawaan dari leptop rusak, saya sarankan belilah adaptor baru yang asli. yah, memang benar jika kita melihat harga barang original dan KW, lebih murah adalah barang KW, tentu membeli barang KW akan menghemat pengeluaran.

Namun kalain harus tau, saat kalian menggunakan charger (Adaptor) KW, arus listrik yang mengalir ke dalam baterai tidak akan stabil, dan tentunya baterai akan menjadi rusak.

Nah, jika teman-teman ingin baterai laptop lebih awet dan tahan lama, saya sarankan gunakanlah charger (Adaptor) yang asli. Menggunakan adaptor pengisi daya baterai leptop yang asli dapat menghindarkan baterai leptop dari kebocoran daya baterai.

Cabut Charger (Adaptor) Jika Daya Baterai Sudah Terisi 100%

Tips agar baterai laptop awet dan tahan lama yang berikutnya adalah jangan biarkan laptop di charge terlalu lama saat daya baterai sudah terisi penuh (100%), karena jika arus listrik terus mengalir ke dalam baterai, komponen pada baterai laptop akan cepat menjadi rusak. Mengisi daya baterai secara terus menerus justru akan mengurangi waktu dari pemakaian baterai laptop itu sendiri.

Jaga Suhu Laptop (Hindari Overheat) Agar Tetap Dingin

Suhu tinggi pada laptop adalah salah satu masalah umum yang dihadapi oleh pemilik laptop. Merawat baterai laptop Anda. Salah satunya bisa dilakukan dengan menjaga suhu laptop tetap dingin atau panas. Jangan gunakan laptop Anda di atas bantal atau kasur. Kedua item menyerap panas, yang membuat baterai laptop Anda panas.

Penggunaan laptop secara intensif, menonton film atau bermain game akan meningkatkan suhu laptop. Laptop bisa menjadi terlalu panas, terutama jika tidak didukung oleh kipas laptop yang tepat.

Suhu laptop yang tinggi akan meningkatkan konsumsi daya baterai laptop. Jadi jaga suhu laptop Anda tetap konstan dan gunakan kipas laptop Anda untuk membantu baterai Anda bertahan lebih lama.

Selain itu, saat menggunakan laptop, perhatikan lingkungan, karena jika suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah, laptop akan bekerja lebih keras dan baterai akan berkinerja buruk, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyimpan listrik. Misalnya, baterai lithium-ion harus ditempatkan di lingkungan antara 10 dan 35 derajat Celcius. Dalam kasus di atas, kapasitas penyimpanan energi berkurang.

Atur Tingkat Pencahayaan Pada Layar Laptop

Cara agar baterai laptop yang kuat dan tahan lama adalah dengan mengatur tingkat lampu latar layar ke mode rendah. Memang hal ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap orang. Dengan cara ini, kamu tidak hanya dapat mengatasi masalah baterai laptop yang cepat habis, tetapi juga menjaga kualitasnya.

Hal ini tentu saja baik untuk kesehatan mata Anda. Tentu saja, layar laptop yang terang mengkonsumsi lebih banyak daya baterai daripada pencahayaan yang redup. Sesuaikan lampu latar monitor laptop ke pengaturan yang lebih gelap. Hal ini memungkinkan baterai bertahan lebih lama dan awet.

Sekian artikel kali ini tentang Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet Dan Tahan Lama?. Saya harap setelah membaca ulasan singkat diatas, kalian sudah bisa untuk menjaga batarai laptop kalian masing-masing agar awet dan tahan lama.

Saya juga menulis tentang Pintasan Keyboard Untuk Windows 7, 8, 10 / Linux, Semoga bisa bermanfaat.
Fighaz Mc
Fighaz Mc Halo! Saya adalah pemilik blog fighazmc.com, sebuah ruang pribadi saya untuk berbagi tips, informasi, dan pengetahuan seputar dunia internet dan teknologi. Mari jelajahi dunia digital bersama!

Post a Comment for "Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet Dan Tahan Lama?"